Perdana di Jakarta, Pameran 'The Beauty of Knowledge' akan Diboyong ke Mancanegara

ADVERTISEMENT

Perdana di Jakarta, Pameran 'The Beauty of Knowledge' akan Diboyong ke Mancanegara

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 05 Mar 2019 20:02 WIB
Foto: Pameran The Beauty of Knowledge / Tia Agnes
Jakarta - Pameran seni 'Italy: The Beauty of Knowledge' diselenggarakan Kedutaan Besar Italia sebagai perayaan 70 tahun hubungan dua negara. Perdana di Jakarta di awal 2019, eksibisi bakal melancong ke berbagai lokasi lainnya.

"Jakarta adalah kota pertama di tahun ini. Nantinya kami akan ke Buenos Aires, Hanoi di Vietnam, dan Guangzhou China," ujar kurator pameran Carla Giusti usai jumpa pers di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2019).

Sebelumnya pameran seni 'Italy: The Beauty of Knowledge' berlangsung di Roma, Alexandria Mesir, New Delhi India, dan Singapura.

'Italy: The Beauty of Knowledge' Digelar

Menurut Carla, Italia memiliki 70 persen warisan budaya yang ada di negara. Salah satu keahlian dari warisan budaya yang ada adalah lukisan. Di Italia terdapat banyak ilmuwan yang ahli dalam mengatur sistem cahaya bagi lukisan yang bakal dipajang.

"Untuk pengaturan cahaya yang sesuai ada beberapa ahli di bidang kimia, selain ada sejarawan seni, ahli restorasi, dan juga psikolog. Karena cahaya yang pas bisa menampilkan spirit dari lukisannya," jelas Carla.

Pameran 'Italy: The Beauty of Knowledge' ada 5 area eksibisi yang membuat pengunjung dapat merasakan pengalaman ruang interaktif yang menggabungkan antara virtual dan fisik. Lewat karya seni instalasi tersebut, ada keindahan perjalanan pengetahuan dan penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Italia.

Salah satu instalasi yang seluas 400 meter persegu dengan ketinggian 5,5 meter ruangan bernama AGORA akan membuat pengunjung berada di suasana yang berbeda. Ruang melingkar yang dibangun dengan balok-balok bangunan berdiameter 8 meter dan tinggi 4,50 meter akan menjadi pusat perhatian pengunjung. (tia/kmb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT