detikHot

art

Lukisan Caravaggio yang Ditemukan di Loteng Dijual Rp 1,6 Triliun

Senin, 04 Mar 2019 13:52 WIB Tia Agnes - detikHot
Lukisan Caravaggio yang Ditemukan di Loteng Dijual Rp 1,6 Triliun  Foto: AP Photo Lukisan Caravaggio yang Ditemukan di Loteng Dijual Rp 1,6 Triliun Foto: AP Photo
Jakarta - Museum Louvre Paris pernah menolak membeli lukisan karya pelukis asal Italia Caravaggio. Kini lukisan yang berasal dari abad ke-17 dan ditemukan di loteng itu bakal dijual senilai Rp 1,6 triliun.

Lukisan yang menggambarkan seorang perempuan bernama Judith yang memenggal kepala Holofornes, seperti dilaporkan Guardian, awalnya ditemukan tak sengaja di loteng. Seorang juru lelang menemukannya di tahun 2014.

Lukisan pun diteliti dan hasilnya benar-benar dibuat oleh Caravaggio di tahun 1607. Selama dua tahun karyanya dirahasiakan dan di tahun ini segera dilelang.



"Karya ini bukan untuk dipajang di ruang tamu atau ruang makan. Tapi dia akan tetap dibeli oleh kolektor potensial," ujar ahli old masters asal Paris, Eric Turquin.

Caravaggio dikenal sebagai pelukis Renaisans asal Italia yang karyanya dianggap ketinggalan zaman. Banyak yang menyebut lukisannya tidak bernilai apa-apa dan sama sekali tidak dicari kolektor.

Namun kolektor asal Amerika Latin menyukai gaya Caravaggio.

"Lukisannya dicari kolektor karena sejarah ditemukan di loteng setelah sebelumnya seorang pencuri masuk ke rumah dan menyakini lukisannya tak berharga. Harga lelangnya pun naik tajam," tukasnya.


(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com