detikHot

art

Perdana di Jakarta, Shooshie Sulaiman Bawa 'Main Getah' ke Malaysia

Kamis, 28 Feb 2019 20:39 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Museum MACAN/ Istimewa
Jakarta - Seniman asal Malaysia Shooeshie Sulaiman membawa proyek perdananya 'Main Getah' ke Jakarta lewat ruang seni anak komisi Museum MACAN UOB. Karyanya bakal mengajak pengunjung untuk bermain sekaligus merasakan suasana perkebunan karet kecil mulai 1 Maret.

Perempuan kelahiran Malaysia 1973 itu dikenal sebagai salah satu seniman terpenting di Asia Tenggara. Proyek perdananya di Jakarta disebutnya sebagai 'Main Getah' dan ke depannya bakal diboyong ke kampung halaman.

"Selepas 'Main Getah' di Jakarta, saya akan produksi 'Main Getah' lainnya yang tak hanya berfungsi di dalam white cube tapi di alam liar. Saya akan tes di lingkungan ladang karet di negara asal saya," ujar Shooshie usai jumpa pers di Museum MACAN, kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (28/2/2019).

'Main Getah' yang dikonsepkan Shooshie di Museum MACAN kali ini diakuinya sebagai aktivitas untuk menghidupkan kembali segala panca indera. Ketika masuk ke ruang seni anak, wangi dedaunan bakal langsung tercium.

Teliga pengunjung juga mendengar suara burung dan pepohonan. Ditambah anak-anak menginjak dedaunan asli dari pohon karet. Sensorik juga bakal terasah dengan segala permainan di ruangan tersebut.


Video: Museum Macan Berinovasi Lewat Instalasi Seni untuk Anak-anak

[Gambas:Video 20detik]




"Kalau yang sekarang kan seperti 'staging', seperti meletakkan sesuatu yang bukan lingkungan asalnya. Penting untuk saya terus bertransformasi di platform lainnya, dan akan membawa ke ladang getah lainnya," ujar Shooshie.

Karya-karya sang seniman sudah pernah ditampilkan di beberapa pameran dan institusi seni terpenting di dunia. Termasuk di Documenta (2007) di Kassel Jerman, Asia Pacific Triennial di Brisbane Australia (2009), Kadist Art Foundation Paris (2016), dan Gwangju Biennale (2014).

Ruang Seni Anak Museum MACAN 'Main Getah' dibuka untuk umum mulai 1 Maret 2019.


(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com