Dunia Imajinasi Takashi Murakami dari Jepang Menjelajahi Amerika

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 26 Feb 2019 17:50 WIB
Dunia Imajinasi Takashi Murakami dari Jepang Menjelajahi Amerika Foto: Istimewa
Jakarta - Takashi Murakami bakal menjelajahi Gagosian Beverly Hills, Amerika. Lewat pameran tunggal 'GYATEI²', karya-karya terbaru seniman asal Jepang bakal menambah kalender budaya Los Angeles.

Dia dikenal menggambar lukisan tradisional khas Jepang, sci-fi, anime, budaya pop, dan berbagai produk lainnya. Individualismenya penuh dengan citra imajinatif dan motif emoticon.

"Sebagai seorang pelukis saya cenderung melihat oke seorang seniman harus membuat lukisan. Kondisinya tetap sama seperti 10 tahun yang lalu, tapi saya ingin membuat karya yang terus berkembang," ujar Takashi Murakami dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Selasa (26/2/2019).



Karakter pertama Murakami disebut dengan Mr.DOB. Karakter aneh seperti Mickey Mouse yang bergigi tajam. Karakter keduanya Kaikai berbentuk seperti kelinci dan bermata tiga lalu tersenyum.

Di pameran tersebut, ada 17 panel yang menginterpretasikan ulang motif yang dilukis di atas vas dari Dinasti Yuan Cina. "Murakami dengan perjalanan masa kecilnya suka ke tepi sungai bersama ayahnya, gambar yang dihasilkan seperti sebuah papan cerita besar," tulis galeri seni Gagosian.

Takashi Murakami lahir pada 1962 di Tokyo. Karyanya telah dikoleksi di museum-museum di Jepang, Los Angeles, Boston, San Francisco, Oslo, New York, Kanada, hingga Chicago.

Selain menggelar pameran di Los Angeles, Juni mendatang pameran perdananya bakal dibuka di Pusat Seni dan Warisan Tai Kwun di Hong Kong.
(tia/nkn)