detikHot

art

Patung Nyoman Nuarta di Tapanuli Tengah yang Dijarah Habiskan Dana Rp 19 M

Jumat, 18 Jan 2019 16:00 WIB Tia Agnes - detikHot
Patung Nyoman Nuarta di Tapanuli Tengah yang Dijarah Habiskan Dana Rp 19 M Foto: nyoman_nuarta/ Instagram Patung Nyoman Nuarta di Tapanuli Tengah yang Dijarah Habiskan Dana Rp 19 M Foto: nyoman_nuarta/ Instagram
Jakarta - Patung 'Anugrah' yang dibuat pematung I Nyoman Nuarta di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, dijarah. Patung yang tadinya berada di atas bukit itu tadinya dihibahkan seniman asal Bali kepada pemerintah setempat.

Kepada detikHOT, Nyoman menjelaskan awalnya bupati dan DPRD setempat menyambanginya di Bandung dan meminta dibuatkan patung dengan alasan agar pariwisata berkembang. Namun pihak pemerintah mengakui tidak memiliki dana sehingga Nyoman pun mencari sponsor bagi pembangunan patung 'Anugrah'.



"Tadinya rencananya mau 60 meter, tapi baru jadi kepala dan dada baru 20 meter," ujarnya ketika dihubungi via telepon.

Saat itu dana yang sudah dihabiskan tim Nyoman Nuarta memakan biaya sebesar Rp 19 miliar. Salah satu alasan yang membuat mahal adalah biaya ekspedisi dari dari studionya sampai ke Tapanuli Tengah.

Patung yang dihibahkan Nyoman pun dianggapnya sudah tidak dihargai lagi.

"Pemda sudah cuekin ya sudah, masa saya mau ngegaji mereka, ini pejabat baru juga sudah nggak peduli. Makanya kalau ada daerah yang minta tolong, saya sudah males nanggepinnya. Nanti sudah pontang-panting dihancurkan lagi, dicuri, atau dijarah," pungkasnya.


(tia/ken)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com