detikHot

art

Patung 'Anugrah' di Tapanuli Tengah Dijarah, Nyoman Nuarta Jelaskan Kronologinya

Jumat, 18 Jan 2019 15:04 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: nyoman_nuarta/ Instagram Foto: nyoman_nuarta/ Instagram
Jakarta - Patung berbahan tembaga dan kuningan yang berada di Tapanuli Tengah karya seniman Bali Nyoman Nuarta dijarah. Ia baru saja mengetahui kabar tersebut dari seorang temannya yang ada di sana.

Kepada detikHOT, I Nyoman Nuarta menuturkan awalnya pengerjaan patung yang ada di atas bukit itu atas permintaan bupoati dan DPRD setempat. Mereka mendatangi Nyoman Nuarta di Bandung dan minta dibuatkan patung.

"Saat itu setahun setelah tsunami yang kena Nias dan pulau kecil lainnya, mereka merasa itu adalah anugerah dan minta bekerja samalah dengan kita," tutur Nyoman Nuarta saat dihubungi via telepon, Jumat (18/1/2019).



Pihak Pemda setempat mengatakan tidak memiliki cukup biaya, jadi mereka menyiapkan infrastruktur dan pihak seniman sekaligus mencari dana. "Rencana 60 meter skala rumah, tapi baru selesai 20 meter bagian kepala dan dada," lanjutnya lagi.

Baru selesai 20 meter, pemerintahan daerah setempat pun berganti. Sejak saat itu, tak ada yang tertarik untuk melanjutkannya.

"Karena nggak ada kepastian, saya hibahkan. Itu (patung) ditaruhlah di atas bukit, yang biasa mengurusi meninggal dunia. Itu patung dicuekin, seharusnya kalau sudah jadi kepala dan dada dibikin apalah," lanjut pendiri NuArt Sculpture Park tersebut.



Dia menduga karena bahan patung dari tembaga dan kuningan, lanjut Nyoman, mungkin ada saja yang menjarah. Pematung lulusan Seni Rupa ITB itu pun tidak tahu kapan kejadian penjarahan tersebut.

"Kita nggak ada yang tahu kejadian kapan, baru ada ini dikasih tahu teman. Padahal buatnya itu setahun lebih," pungkasnya.

Sebelumnya, Nyoman Nuarta sebelum membuat status di Instagram mengenai karya seninya yang dijarah oknum tertentu. "Baru dapat kabar patung ANUGRAH yg ada di labuhan angin TAPANULI TENGAH, yg belum selesai semua baru kepala dan dada ,MERUPAKAN PATUNG HIBAH DR SAYA, setinggi 20 m dgn lebar bahu 10 m,menurut laporan telah habis dijarah dgn rangka2nya,Menyedihkan," tulis @nyoman_nuarta.



(tia/ken)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com