detikHot

art

8 Seniman Indonesia dan Thailand Pamer Karya soal 'Konsep Diri'

Rabu, 16 Jan 2019 13:51 WIB Tia Agnes - detikHot
The Internationale karya Chulayarnnon Siriphol (Thailand) Foto: arcolabs/ istimewa 'The Internationale' karya Chulayarnnon Siriphol (Thailand) Foto: arcolabs/ istimewa
Jakarta - Arcolabs mempersembahkan pameran seni karya 8 seniman muda Indonesia dan Thailand di Komunitas Salihara, Jakarta. Pameran kali ini mengusung tema 'konsep diri'.

'Konsep Diri' diartikan oleh para seniman adalah subyek yang terus relevan di kehidupan masa kini. Bisa bermakna budaya, tradisi, sampai identitas yang semakin samar.

"Setiap karya yang dipamerkan di sini mencoba mengamati bagaimana perubahan-perubahan dalam masyarakat berdampak pada pembentukan sebuah konsep mengenai diri," ujar kurator Jeong-ok Jeon dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Rabu (16/1/2019).



Pengaruh pergeseran politik dan budaya yang terjadi di Indonesia dan Thailand di periode 1990-an, para seniman meneliti dampaknya di sisi artistik. Pengunjung yang datang ke pembukaan pameran pada 19 Januari tak hanya menyajikan sisi visual saja, tapi juga mengenal nilai personal para seniman.
'Reminiscence of 98' karya Patriot Mukmin'Reminiscence of 98' karya Patriot Mukmin Foto: arcolabs/ istimewa

Para seniman yang berpameran di antaranya adalah Antonio S. Sinaga (Indonesia), Chayanin Kwangkaew (Thailand), Chulayarnnon Siriphol (Thailand), Kitikun Mankit (Thailand), Patriot Mukmin (Indonesia), Theo Frids Hutabarat (Indonesia), Thidarat Chantachua (Thailand), dan Rega Ayundya Putri (Indonesia).

Pameran 'Konsep Diri' dikuratori oleh Jeong-ok Jeon, Linjie Zhou, dan Jongsuwat Angsuvarnsiri. Eksibisi dibuka pada 19 Januari mendatang hingga 3 Februari 2019 di Galeri Salihara, Pasar Minggu.

Pembukaan pameran bakal dihadiri dan diresmikan oleh Yang Terhormat Songpol Sukchan, Duta Besar Kerajaan Thailand untuk Indonesia.



(tia/ken)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed