detikHot

art

Lee Mingwei akan Selesaikan Lukisan Pasir yang Ada di Museum MACAN

Senin, 14 Jan 2019 13:53 WIB Tia Agnes - detikHot
Lee Mingwei akan Selesaikan Lukisan Pasir yang Ada di Museum MACAN Foto: Museum MACAN
Jakarta - Museum MACAN tengah memamerkan karya 3 seniman Asia sampai Maret mendatang. Akhir pekan ini, seniman Lee Mingwei asal Taiwan/Amerika bakal menyelesaikan lukisan pasir yang menjadi salah satu karya di pameran tunggal 'Tujuh Kisah'.

Di karya seni instalasi 'Guernica in Sand' (2006-2018), Lee Mingwei akan menyelesaikan bagian lukisan yang belum selesai. Pengunjung diundang untuk berjalan di atas pasir.

Nantinya seniman dan audiens menjadi bagian dari proses penciptaan dan penghancuran yang berlangsung secara simultan. Aksi Lee Mingwei dimulai saat siang hari sampai matahari terbenam pada Sabtu (19/1), setelah pengunjung terakhir berjalan di atas pasir, Lee dan tiga penampil akan menyapu lukisan itu.



Serta membiarkannya dalam kondisi tersebut sampai akhir pameran. 'Guernica in Sand' adalah karya instalasi berskala besar yang terinspirasi dari lukisan Pablo Picasso 'Guernica'.

Lukisan Picasso tersebut menjadi simbol universal antiperang dan perdamaian. Di hari yang sama, dalam karya 'Our Labyrinth' pengunjung akan berjalan mengelilingi pameran.

Nantinya akan ada seorang penari yang perlahan-lahan menyapu gundukan beras dengan sebuah sapu. Serta menciptakan pola yang menjadi jejak visual dari gerakan mereka. Performans di karya Lee Mingwei bakal dimeriahkan oleh penari dari Jambi, Solo, Yogyakarta, Jakarta, dan Bandung.

Esok harinya pada Minggu (20/1), Museum MACAN menyediakan sesi minum teh bersama yang bakal mengenal lebih jauh proses kreatif di balik karya-karya Lee Mingwei. Sesi ini berbayar dibanderol Rp 150 ribu.


(tia/ken)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com