DetikHot

art

10 Peristiwa Seni Terpopuler 2018

Jumat, 28 Des 2018 14:24 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
10 Peristiwa Seni Terpopuler 2018 Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Sepanjang 2018 ada banyak peristiwa seni dan budaya yang terjadi di Tanah Air. Peristiwa terpopuler itu menjadi bahan perbincangan publik di media sosial maupun media massa, beberapa di antaranya pun menuai kontroversi.

Mulai dari mural wajah Anies, penghargaan bagi Eka Kurniawan dari Kerajaan Belanda sampai karya seni bambu proyek Anies Baswedan yang ada di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI). Berikut 10 peristiwa seni terpopuler di 2018, seperti dirangkum detikHOT:



10. Penghargaan Sastra Eka Kurniawan

10 Peristiwa Seni Terpopuler 2018Foto: KBRI Den Haag



Sastrawan Eka Kurniawan kian mengukuhkan prestasinya. The Prince Claus Fund mengumumkan para pemenang dari Prince Claus Awards 2018 dari Kerajaan Belanda. Salah satunya adalah Eka Kurniawan.

Prince Claus Award dinilai sebagai penghargaan bergengsi bagi insan industri kreatif. Sebelumnya, Eka menerima penghargaan sastra dari Kemendikbud dan anugerah sastra dari Finlandia, Tähtifantasia.

Dalam menghasilkan karyanya, Eka mengaku belajar dari karya-karya Pramoedya Ananta Toer hingga akhirnya menemukan gayanya sendiri.

9. Nh Dini Berpulang

10 Peristiwa Seni Terpopuler 2018Foto: Eko Susanto/ detikHOT



Kabar mengenai kepergian novelis Nh Dini adalah salah satu pemberitaan terpopuler di 2018. Ibunda dari pencipta 'Minions' Pierre Coffin meninggal karena kecelakaan lalu lintas di Semarang.

Berita kepergiaan novelis 'Pada Sebuah Kapal' itu juga Trending Topic di Twitter. Novelis 'Namaku Hiroko' dikenal sebagai penulis dan feminis dari karya-karya yang pernah ditulisnya.



8. Mural Anies Mirip Hugo Chavez

10 Peristiwa Seni Terpopuler 2018Foto: Foto mural Anies yang viral



Tahun 2018 nama Anies Baswedan kerap diperbincangkan di ranah seni dan budaya. Di posisi ke-8 ada mural wajah Anies yang terlihat 'gemuk'.

Mural yang dibuat oleh pasukan oranye di salah satu sudut Ibu Kota juga dianggap mirip dengan wajah Hugo Chavez.

7. Sastrawan Danarto Meninggal Dunia

10 Peristiwa Seni Terpopuler 2018Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom



April lalu, Indonesia kehilangan satu satrawan besar, Danarto. Dia tutup usia di RS Fatmawati karena mengalami kecelakaan motor di Ciputat, Tangerang Selatan. Anies Baswedan menyebut menggemari karya-karya sang penulis.

"Danarto iu penulis cerpen yang saya suka. Kontemplatif dan sufistik tulisan-tulisannya," kata Anies.

6. Lukisan Suvi Wahyudianto Menang di Tingkat Asia Tenggara

10 Peristiwa Seni Terpopuler 2018Foto: uob/ istimewa



Lukisan Suvi Wahyudianto sukses menarik perhatian juri kompetisi UOB Painting of the Year 2018 di tingkat Asia Tenggara. Lukisan daging yang berjudul 'Angs't' menjadi pembicaraan karena material plastik kresek yang dilapis pigmen dan resin.

5. Mural Asian Games

10 Peristiwa Seni Terpopuler 2018Foto: Rifkianto Nugroho



Jelang penyelenggaraan Asian Games 2018, Pemprov DKI melakukan 'beautifikasi' di segala penjuru kota. Salah satunya adalah mural Asian Games yang digarap oleh pasukan oranye. Gubernur DKI, Anies Baswedan, menuturkan muralnya dilakukan bukan arahan dari pemerintah tapi inisiatif warga.

4. Pameran Seni Yayoi Kusama di Museum MACAN Ngehits!

10 Peristiwa Seni Terpopuler 2018Foto: Museum MACAN



Ketika karya-karya instalasi Yayoi Kusama menyambangi Jakarta, nama Museum MACAN kembali terangkat. Lewat pameran 'Yayoi Kusama: Life is the Heart of a Rainbow', pencinta seni menikmati karya-karyanya dan sukses menjadi pameran terpopuler sepanjang 2018.

Termasuk peristiwa viral ketika karya Yayoi Kusama yang dikabarkan mengalami kerusakan oleh pengunjung yang tak bertanggung jawab.

3. Lukisan Raden Saleh Terjual Rp 150 miliar

10 Peristiwa Seni Terpopuler 2018Foto: Jack-Phillippe Ruellan/ istimewa



Raden Saleh dikenal sebagai pionir Seni Modern Indonesia dan karya-karyanya telah mendunia. Kabar terbaru lukisan Raden Saleh berhasil terjual hampir Rp 150 miliar di Balai Lelang Prancis dan dibeli oleh kolektor Indonesia yang namanya masih anonim.

Pemberitaan mengenai lukisan termahal Raden Saleh ini menjadi perbincangan media massa dan pencinta seni rupa pada Februari 2018. detikHOT pun memasukkannya sebagai peristiwa terpopuler nomor 3.

2. 'Beautifikasi' Anies

10 Peristiwa Seni Terpopuler 2018Foto: Pradita Utama



Persoalan 'beautifikasi' Jakarta di penjuru kota yang dilontarkan Anies Agustus lalu menuai kritikan tajam. Saat itu Anies 'mempercantik' kota secara asal-asalan, tanpa melibatkan seniman maupun arsitek meski di akhir orang nomor satu di Jakarta melibatkan John Martono.

John Martono adalah seniman asal Bandung yang membuat mural di Jembatan Antapani Bandung. Berita mengenai 'beautifikasi' yang merajalela ini pun dibicarakan publik di media sosial sampai masuk terpopuler nomor 2.

1. Seni Bambu Proyek Anies Baswedan di Bundaran HI

10 Peristiwa Seni Terpopuler 2018Foto: Hanif Hawari/ detikHOT



Di nomor utama, ada seni bambu proyek Anies di kawasan Bundaran HI. Karya instalasi yang membutuhkan 1600 batang bambu dan pengerjaan selama satu minggu lamanya itu merupakan proyek tantangan Gubernur DKI untuk mempercantik kota.

Meski karya seniman Joko Avianto dikritik di Jakarta, namun karyanya dipuja di mancanegara. Ia dikenal luas ketika karyanya mejeng di rangkaian Frankfurt Book Fair 2015 saat Indonesia menjadi guest of honour (tamu kehormatan).

Bahkan karya-karya Joko Avianto pun dipuja tak hanya di Frankfurt tapi juga Singapura, Yokohama, hingga di tingkat lokal di Yogyakarta dan Bandung, Jawa Barat.




(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed