detikHot

art

Membuat Karya Seni dari Limbah Elektronik

Senin, 17 Des 2018 17:32 WIB Tia Agnes - detikHot
Membuat Karya Seni dari Limbah Elektronik  Foto: Reuters Membuat Karya Seni dari Limbah Elektronik Foto: Reuters
Jakarta - Seniman asal Abidjan, Desiree Koffi punya cara unik untuk membuat karya seni di atas kanvas. Dia mengumpulkan ponsel lama yang sudah usang dan membelinya dari orang-orang.

Ketika kembali ke rumah, seniman berusia 24 tahun itu membongkar ponsel dengan palu lalu mengeluarkan layar dan keyboard. Hasilnya?

Lukisan-lukisan yang tersusun dari limbah elektronik itu membentuk potret seseorang. Cara daur ulang itu didapatkannya dari lingkungan tempat tinggalnya.



"Tujuan utama saya adalah mencoba, sejak kecil saya diajarkan untuk mengurangi limbah elektronik. Di lingkungan saya malah ada banyak limbah yang bertebaran di jalan dan tempat sampah," katanya dilansir dari Reuters, Senin (17/12).

Di tempat tinggalnya, ponsel lama yang sudah usang dan ditinggalkan dibuang begitu saja di tempat pembuangan sampah. Dengan populasi masyarakat sekitar 5,5 juta, Abidjan menghasilkan 1.500 ton limbah setiap tahun.

"Jumlah limbah yang besar bisa digunakan untuk menghasilkan uang, salah satunya adalah dengan menciptakan karya lukisan," pungkasnya.


(tia/ken)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com