DetikHot

art

Sebuah Potret Langka Ungkap Saudara Kandung Van Gogh

Senin, 03 Des 2018 16:15 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Sebuah Potret Langka Ungkap Saudara Kandung Van Gogh Sebuah Potret Langka Ungkap Saudara Kandung Van Gogh Foto: Istimewa
Jakarta - Vincent Van Gogh dikenal sebagai pelukis pascaimpresionis Belanda yang menjadi tokoh terkenal sampai sekarang. Lukisan 'The Starry Night' sampai 'Bunga-bunga Iris' melegenda, namun tahukah potret masa kecil dari van Gogh?

Selama beberapa dekade, ada sebuah foto anak kecil yang hitam-putih dan diyakini sebagai Van Gogh. Menurut para ahli, pria berusia 13 tahun itu ternyata bukanlah Van Gogh, tapi saudara kandung.



Museum Van Gogh di Amsterdam mengumumkan penemuan mengejutkan tersebut. Salah satu dari dua foto Van Gogh yang ditemui telah muncul dalam lusinan buku.

"Dengan penemuan ini, kami memiliki potret Theo yang lebih kaya. Tentunya ada sedikit kekecewaan ada begitu sedikit foto Vincent Van Gogh tapi di sisi lain kami menjadi senang, menemukan ada banyak kebenaran," ujar Direktur Museum Van Gogh, Axel Rutger, dilansir dari berbagai sumber.

Selama ini potret Van Gogh yang dikenal adalah berwarna-warni, dan bergolak secara emosional di atas lukisan cat minyak. Tapi di foto langka tersebut, ada potret yang seakan malu-malu.

Foto ini diketahui diambil oleh fotografer Brussels, Balduin Schwarz di akhir abad ke-19. Foto langkanya tidak muncul secara terbuka sampai di tahun 1957 silam dalam sebuah pameran yang diinisiai oleh peneliti Belgia, Mark Edo Tralbaut.


(tia/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed