DetikHot

art

Patung Rahim Raksasa di Rumah Sakit Qatar Ini Jadi Kontroversi

Senin, 19 Nov 2018 18:03 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Patung Rahim Raksasa di Rumah Sakit Qatar Ini Jadi Kontroversi Patung Rahim Raksasa di Rumah Sakit Qatar Ini Jadi Kontroversi Foto: AFP
Jakarta - Damien Hirst kembali menimbulkan kontroversi atas karyanya yang beredar. Patung bergambar rahim raksasa yang berada di depan Rumah Sakit Qatar setinggi 14 meter menimbulkan kontroversi.

Ada 14 patung berukuran raksasa yang dibuat oleh seniman asal Inggris tersebut. Patungnya menggambarkan visual grafis proses konsepsi sampai kelahiran.

Dinamakan 'The Miraculous Journey' patung yang menghadirkan jabang bayi di dalam rahim dimulai dari yang berukuran kecil sampai memuncak setinggi 14 meter. Sebelumnya patung ini diresmikan pada Oktober 2013 dan sempat mendapatkan protes di media sosial.



Dilansir dari Guardian, Damien Hirst mengaku karyanya mungkin saja kontroversial lantaran berada di antara budaya Timur Tengah. "Secara budaya, itu patung telanjang pertama yang ada di Timur Tengah dan sangat berani," katanya.

Meski mendapatkan protes dari masyarakat, namun spesialis seni di Yayasan Qatar Layla Ibrahim Bacha mengatakan patung Hirst murni adalah karya seni.

"Kami tidak berharap ada banyak orang yang menyukai karya tersebut. Kami tidak mengharapkan semua orang memahami maknanya. Inilah sebabnya mereka benar-benar menciptakan mendebatkannya," pungkasnya.




Tonton juga 'Jiwa Seniman Sang Ajudan Walikota Magelang':

[Gambas:Video 20detik]


(tia/nkn)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed