DetikHot

art

Demi Peran 'Bunga Penutup Abad', Lukman Sardi Pelajari Logat Prancis

Sabtu, 17 Nov 2018 15:14 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Demi Peran Bunga Penutup Abad, Lukman Sardi Pelajari Logat Prancis Demi Peran 'Bunga Penutup Abad', Lukman Sardi Pelajari Logat Prancis Foto: Image Dynamics
Jakarta - Dalam pentas 'Bunga Penutup Abad', Lukman Sardi berperan sebagai Jean Marais, seorang pelukis sekaligus mantan serdadu asal Prancis yang merupakan sahabat dari tokoh utama bernama Minke (Reza Rahadian).

Berperan sebagai orang Prancis, Lukman Sardi tak mau setengah-setengah. Ia pun mempelajari logat dan sedikit bahasa Prancis untuk mendalami karakternya.

"Ini challenging banget. Dari pertama kali ditawarin untuk main di teater 'Bunga Penutup Abad', itu sudah deg-degan banget. Logat Prancis bukan hal yang gampang. Jadi aku berusaha mencoba," ujarnya saat ditemui di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.



Kendati beberapa tahun lalu pernah syuting film menggunakan bahasa Prancis, namun Lukman mengaku tetap belajar dari awal dalam proses pendalaman karakter untuk teater tersebut. Saat mempelajarinya, ia juga dibantu sejumlah temannya yang menguasai bahasa Prancis.

"Dulu ada syuting film beberapa tahun lalu yang pakai bahasa Prancis, jadi saya mencoba untuk reminding lagi, at least ada poinnya. Aku juga nanya beberapa teman yang juga fasih bahasa Prancis kira-kira poin-poin apa tentang penyebutannya yang harus digaris bawahi. Mereka bilang, huruf H tidak pernah jelas, selalu dipotong. Hal-hal yang lebih basic gitu," ceritanya.

Untuk benar-benar menguasai logat dan dialek Prancis, Lukman Sardi mengaku membutuhkan waktu yang cukup lama.



"Lumayan, ditambah latihan berapa bulan, jadi sambil latihan, berjalan sih. Awalnya kita latihan dulu terus pelan-pelan masukin logat Prancisnya," terangnya.

'Bunga Penutup Abad' merupakan pementasan teater yang disutradarai oleh Wawan Sofyan dan diproduseri oleh Happy Salma. Kisah dari pementasan tersebut diangkat dari tetralogi Pulau Buru, khususnya 'Bumi Manusia' dan 'Anak Semua Bangsa' karya Pramoedya Ananta Toer.

Reza Rahadian, Marsha Timothy, Chelsea Islan, Lukman Sardi, dan Sabia Arifin menjadi pemain dalam pertunjukan tersebut. Pentas tersebut diadakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 17 dan 18 November 2018 di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Ini bukan kali pertama 'Bunga Penutup Abad' dipentaskan. Sebelumnya, pertunjukan teater ini sudah pernah dipentaskan dua kali, yakni pada Agustus 2016 di Jakarta dan Maret 2017 di Bandung.




Tonton video 'Teater Bunga Penutup Abad Ajak Penonton Nostalgia':

[Gambas:Video 20detik]


(srs/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed