detikHot

art

100 Persen Multimedia, Budget 'Mahabarata' Teater Koma Lebih Tinggi

Jumat, 16 Nov 2018 13:45 WIB Tia Agnes - detikHot
100 Persen Multimedia, Budget Mahabarata Teater Koma Lebih Tinggi Foto: Pementasan Mahabarata (Dok. image Dynamics) 100 Persen Multimedia, Budget 'Mahabarata' Teater Koma Lebih Tinggi Foto: Pementasan Mahabarata (Dok. image Dynamics)
Jakarta - Teater Koma segera mementaskan lakon 'Mahabarata' mulai 16 November. Lakon yang penuh dengan multimedia, unsur digital, dan kemegahan artistik itu menghabiskan budget lebih tinggi ketimbang produksi sebelumnya.

"Tanpa multimedia saja sudah hampir Rp 1 miliar dengan persiapan 3 bulan dan jumlah latihan 60 kali. Padahal prosesnya selama setahun, makanya yang sekarang cost-nya tinggi dengan pakai 25.000 sampai 15.000 lumens proyektor, ini bisa sampai Rp 2 miliar," tutur produser Teater Koma, Ratna Riantiarno, saat diwawancarai usai media preview 'Mahabarata' di Graha Bhakti Budaya, kompleks TIM.



Di lakon 'Mahabarata', Ratna mengakui tadinya lantaran memakai multimedia bakal mengurangi biaya di bagian lainnya. Kostum maupun properti artistik akan lebih sederhana tapi ternyata Ratna salah mengira.

"Tapi yang namanya Nano Riantiarno sudah 4 proyektor, properti dan kostum juga mau gila-gilaan, tidak mengurangi budget yang lain. Lihat saja kostumnya, mewah banget," katanya lagi.



Alasan lainnya adalah penyelenggaraan setiap kali pertunjukan Teater Koma menghabiskan waktu selama dua minggu. Berbeda dengan produksi lainnya yang hanya dua sampai tiga hari saja.

Tingkat kesulitannya pun bakal berbeda ketimbang produksi kelompok teater lainnya. "Penginnya sih kita H-7 sudah latihan di gedung ini tapi nggak bisa, masih untung dapat H-4 persiapan. Jadi memang persiapan gedung juga yang lumayan lama," ujar Ratna.



Dari 100 persen budget produksi Teater Koma, sebanyak 50 persen dihabiskan untuk setting, properti, dan kostum.

"Kami (Teater Koma) open management, dan semuanya punya idealisme yang sama. Jadi mau produksi yang sebaik dan berkualitas mungkin," pungkasnya.



(tia/nkn)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com