detikHot

art

Meriahnya Jumpa Fans 4 Webtoonist Korea dengan Pembaca Indonesia

Sabtu, 10 Nov 2018 15:54 WIB Tia Agnes - detikHot
Webtoonist Day Foto: Tia Agnes/detikHOT Webtoonist Day Foto: Tia Agnes/detikHOT
Jakarta - 'Webtoonist Day' kembali hadir tahun ini dengan menghadirkan 4 komikus Korea dan lokal untuk jumpa fans dengan pembaca Indonesia. Lobi Lotte Shoping Avenue pun dipadati oleh pembaca setia webtoon.

Di hari pertama penyelenggaraan 'Webtoonist Day' pada Sabtu (10/11), sejak pagi tadi pembaca setia Webtoon sudah mengantre untuk memasuki area. Mulai pukul 13.00 WIB, hanya 150 pembaca yang beruntung dapat berjumpa dengan webtoonist (sebutan untuk komikus yang berkarya di Naver dan Line Webtoon) favoritnya dan secara eksklusif meminta tanda tangan mereka.

Webtoonist yang hadir kali ini di antaranya adalah Se Jeong yang menciptakan komik 'Ghost Wife'. Moon Na-Young yang menulis 'Honey Honey Wedding', Taejoon Park dengan komik 'Lookism' yang pernah jumpa fans dengan pembaca Indonesia dua kali sebelumnya. Serta Sungeun yang menulis 'My Oppa is an Idol'.

"Webtoonist yang diundang kali ini mereka yang jumlah pengikutnya ada jutaan di webtoon. Setelah meet and greet di Jakarta, mereka akan ada acara lagi di Thailand," ujar editor Line Webtoon Indonesia, Btari Rahma kepada detikHOT di Lotte Shoping Avenue, Sabtu (10/11).




Salah seorang pembaca setia Line Webtoon Indonesia, Siti (15 tahun) mengaku sudah mengantre sejak jam mall buka. "Saya ngefans banget dengan Taejoon Oppa dan pengin banget minta tanda tangannya. Makanya rela antre dari pagi," katanya.

Moon Na-Young, komikus 'Honey Honey Wedding' baru pertama kalinya hadir jumpa pembaca di Indonesia. "Saya tidak tahu dan tak menyangka ternyata pembaca Indonesia suka dengan karya saya, karena saya sebelumnya sama sekali tidak tahu respons dari pembaca Indonesia," katanya ketika diwawancarai detikHOT.

Setelah meet and greet dengan pembaca Indonesia hari ini, esok harinya bakal ada 4 webtoonist lokal. Di antaranya yakni Archie the Redcat 'Eggnoid', Annisa Nisfihani dengan 'Pasutri Gaje' dan 'Virgo and The Sparklings', Ellie Goh pencipta komik 'Virgo and the Sparklings', dan Senaloli 'Wonderwall'.

Line Webtoon bermula dari Naver Webtoon yang hadir karena penjualan komik di Korea mengalami penurunan drastis. Di tahun 2014, Naver Webtoon ingin ekspansi ke ranah global dan memilih Line sebagai partner ya.

Line Webtoon kini ada di Thailand, Taiwan, Amerika Serikat, dan Indonesia. Line Webtoon Indonesia sudah hadir sejak April 2015 lalu.
(tia/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed