Art Jakarta Pertahankan Posisi Sebagai Pusat Seni Kontemporer Asia

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 01 Nov 2018 16:55 WIB
Art Jakarta Pertahankan Posisi Sebagai Pusat Seni Kontemporer Asia Foto: Istimewa
Jakarta - Art Jakarta (dahulu bernama Bazaar Art Jakarta) tahun depan berusia 11 tahun. Sejak diluncurkan perdana pada 2009 lalu, Art Jakarta bakal mempertahankan posisinya sebagai art fair terkemuka di Asia.

Untuk mempertahankan posisi sebagai salah satu pameran seni terpenting di Asia, sejumlah perubahan diumumkan. Ada 3 hal yang diumumkan.

Yakni tim manajemen baru, lokasi yang lebih besar dan cocok untuk art fair bertaraf internasional di Jakarta Convention Center (JCC), serta visi dan misi yang baru untuk Art Jakarta.



"Kami bangga mengumumkan Art Jakarta 2019 akan dipimpin oleh Fair Director yang baru yaitu Tom Tandio yang didukung oleh tim profesional ahli di seni kontemporer di kawasan ini," tulis keterangan pers yang diterima detikHOT, Kamis (1/11/2018).

Tom Tandio adalah seorang kolektor di Indonesia, pernah menjadi anggota dewan Jogjakarta Biennale, dan pendiri IndoArtNow platform arsip online untuk seni kontemporer di Indonesia. Pada 2016 lalu, koleksinya dipamerkan di Song Eun Art Space di Seoul.

Menurut Tom Tandio, Indonesia khususnya Jakarta adalah salah satu pusat terpenting bagi pembangunan seni di Asia Tenggara. "Saya yakin Art Jakarta bisa menjadi platform yang bagus untuk galeri seni, seniman, kolektor, kurator, dan masyarakat umum," katanya.

Art Jakarta bakal digelar pada 30 Agustus sampai 1 September 2019 di JCC yang memiliki kapasitas sekitar 6000 meter persegi.

(tia/nu2)