DetikHot

art

Ahli Seni Bersikeras Lukisan Termahal di Dunia Rp 6 T Asli

Jumat, 12 Okt 2018 12:02 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Ahli Seni Bersikeras Lukisan Termahal di Dunia Rp 6 T Asli Ahli Seni Bersikeras Lukisan Termahal di Dunia Rp 6 T Asli Foto: Getty Images
Jakarta - Keaslian karya Leonardo da Vinci yang berjudul 'Salvator Mundi' atau 'Kristus' yang menjadi lukisan termahal di dunia masih menjadi misteri. Persoalan mengenai keaslian lukisan senilai Rp 6 triliun membuat Museum Louvre Abu Dhabi menunda pembukaan pamerannya.

Berita mengenai lukisan 'Kristus' sangat fenomenal sampai menimbulkan pertanyaan di kalangan seni. Seorang ahli seni karya-karya Leonardo da Vinci, Martin Kemp, dilansir dari TIME dan sumber lainnya, menuturkan lukisan 'Kristus' adalah asli.

"Saya yakin untuk alasan yang tidak akan saya ketahui, ketika orang-orang mengatakan ragu dengan lukisannya, tapi saya merasa itu tidak benar," katanya.



Kemp menuturkan lukisan da Vinci yang diyakininya adalah asli dilihat dari rambut yang dilukis. Menurutnya, pelukis yang menirukan karya-karya da Vinci hanya bisa menggambar rambut ikal.

Ahli Seni Bersikeras Lukisan Termahal di Dunia Rp 6 T AsliAhli Seni Bersikeras Lukisan Termahal di Dunia Rp 6 T Asli Foto: Getty Images


"Tapi Anda lihatlah ikal-ikal yang dilukiskan Leonardo, bagaimana ia melukis kain gordem, ia memahami fisika. Dia mengerti anatomi dan fenomena yang ada di atas kanvas. Di 'Salvator Mundi', rambut ikal dilukiskan dengan indah," kata Kemp lagi.

Kualitas yang dimiliki 'Salvator Mundi', lanjut dia, hanya bisa dilukis oleh Leonardo da Vinci. "Saya memiliki satu reproduksi karya da Vinci yang sangat brilian, tapi saya menaruhnya di koridor sehingga saya bisa melewatinya. Lukisan ini benar-benar kuat dan berkualitas dari seorang da Vinci," tutur Kemp.



Lukisan 'Kristus' saat ini dimiliki oleh Departemen Budaya dan Pariwisata Uni Emirat Arab. Awal September lalu, lukisan yang memiliki arti dalam bahasa Indonesia 'Penyelamat Dunia' merupakan penemuan Balai Lelang Christie terbesar di abad ke-21.

Karyanya menggambarkan Yesus Kristus memegang bola kristal di tangan kirinya sambil mengangkat satu tangan lainnya sebagai lambang berkah.

Terjual senilai Rp 6 triliun, lukisannya memecahkan rekor dunia untuk lukisan termahal yang terjual di balai lelang. Setelah 20 menit dibuka, lelang jatuh pada penawar tertinggi.






Tonton juga 'Pecahkan Rekor! Lukisan Yesus Karya Da Vinci Senilai Rp 6 T':

[Gambas:Video 20detik]


(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed