detikHot

art

Lewat Aksi Nyentrik Bansky, Nilai Lukisannya Bakal Naik

Senin, 08 Okt 2018 14:10 WIB Tia Agnes - detikHot
Lewat Aksi Nyentrik Bansky, Nilai Lukisannya Bakal Naik Foto: Sothebys Lewat Aksi Nyentrik Bansky, Nilai Lukisannya Bakal Naik Foto: Sotheby's
Jakarta - Hasil lelang lukisan 'Girl with Balloon' yang terjual di Balai Lelang Sotheby London mengejutkan banyak pihak. Pihak rumah lelang yang menjualnya, pembeli, sampai pecinta seni yang menghadiri lelang tersebut.

Seorang art dealer asal Inggris Offer Waterman mengatakan gara-gara lelang lukisan tersebut, harga karya Banksy bisa naik.

"Ini akan menaikkan harganya," ujarnya dilansir dari NY Times, Senin (8/10).

Ia kembali melanjutkan, "Ini akan menjadi lebih berharga sebagai momen konseptual daripada karya seni itu sendiri. Aksi Banksy patut dipuji."



Sedangkan art dealer Acorus Andipa yang menjual karya-karya Banksy menuturkan sejak awal ia melihat lukisannya di pameran preview Sotheby, ia sempat berfirasat. Lukisannya terlihat tidak proporsional.

"Ada ketebalan bingkai yang tidak seimbang, mungkin untuk menyembunyikan perangkat shredder atau mesin penghancur. Mengapa balai lelang tidak melihatnya? Tapi mereka tidak mengatakan apa-apa," tutur Andipa.

Lukisan 'Girl with Balloon' tahun lalu menjadi karya seni terbaik di Inggris. Karyanya pertama kali muncul di dinding Great Eastern Street di Shoreditch, London bagian timur.

Di tahun 2006, lukisan tersebut menampilkan cat semprot dan akrilik di atas kanvas. Lukisan fenomenal yang sudah mendunia ini menghebohkan dunia seni rupa dengan terjual senilai Rp 20 miliar di Balai Lelang Sotheby's London pada Jumat (5/10) lalu.


(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed