detikHot

art

Ada Patung Bung Karno Tengah Main Gitar Elektrik di Pameran Hari Prast

Selasa, 02 Okt 2018 10:18 WIB Tia Agnes - detikHot
Ada Patung Bung Karno Tengah Main Gitar Elektrik di Pameran Hari Prast Foto: Hari Prast/ dok.pribadi
Jakarta - Komikus Hari Prast tengah menggelar pameran tunggal 'Hari Bahagia' di Uma Seminyak, Bali. Sebanyak 17 karya Hari Prast dipamerkan di ruang seni alternatif di kawasan Kuta Utara tersebut.

Di antara tokoh presiden yang dialihkan menjadi bentuk patung maupun ilustrasi ada satu patung Bung Karno yang tengah memegang gitar elektrik. Uniknya patungnya terbuat dari material paper mache.

Hari Prast menuturkan awalnya ide mengenai patung Bung Karno itu berasal dari acara Music Bagus Day yang dibuat oleh Glenn Fredly. "Lalu ditawari buat ikutan berkolaborasi, nah maka muncullah salah satu ide ini, konsep pahlawan dan musik, tema yang kita angkat bareng-bareng sama timku," ujar Hari Prast ketika diwawancarai detikHOT.



Di masanya, presiden pertama Republik Indonesia itu memang diketahui melarang musik berkembang di Indonesia. Bukan tanpa sebab, musik di era itu dianggap akan melemahkan mental pemuda bangsa Indonesia yang sedang berjuang.

Hari Prast pun sempat melakukan riset tentang sejarah musik, khususnya di era Bung Karno. Di catatan buku berjudul 'Kesaksian Tentang Bung Karno 1945-1967', Bung Karno suka musik tradisional Indonesia.

"Dipengaruhi oleh budaya apapun karyamu, jangan lupakan darahmu," katanya lagi.

Material patung paper mache, lanjut Hari Prast, butuh waktu dan ketekunan. "Hal ini yang mendasari gagasan untuk memanfaatkan waktu luang yang dimiliki oleh ibu rumah tangga di sekitar studio kreatif Heartlab yang berada di Bali dan Yogyakarta," lanjut komikus yang dikenal dengan gaya ilustrasi ligne clare.



Paper mache pun ramah bagi lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan kertas bekas. "Dan bisa memberdayakan para ibu-ibu."

Pameran 'Hari Bahagia' berlangsung pada 30 September-25 Oktober 2018 di Uma Seminyak, Bali.



(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com