DetikHot

art

Selain Lukisan Langka Raden Saleh, Karya Affandi Juga Dilelang

Selasa, 25 Sep 2018 11:30 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Selain Lukisan Langka Raden Saleh, Karya Affandi Juga Dilelang Selain Lukisan Langka Raden Saleh, Karya Affandi Juga Dilelang Foto: Bagus
Jakarta - Lukisan Raden Saleh segera dilelang di Balai Lelang Christie's Hong Kong akhir November mendatang. Tak hanya lukisan karya pelukis yang bernama lengkap Raden Saleh Sjarif Boestaman saja yang dijual, tapi ada karya maestro seni lukis lainnya.

"Dua lukisan Affandi dan satu lukisan Hendra Gunawan juga dilelang. Satu lukisan Affandi sekitar HKD 3,8 juta," tutur Junior Specialist, Southeast Asian Art Asian 20th Century & Contemporary Art Department Christie's, Vanessa Singgih Pranoto saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, kemarin.

Salah satu lukisan ikonik Affandi lainnya yang digarap saat ia bepergian ke Pulau Dewata juga dijual.



"Dulu Affandi suka banget ke Bali, sebenarnya hampir setiap bulan berangkat dari Yogya ke Bali, trus bertemu beberapa seniman Eropa, ada banyak juga inspirasi Affandi saat dia datang ke Bali," kata Vanessa lagi.

Selain itu untuk lukisan Hendra Gunawan dengan judul 'Pemandangan juga dilelang. Vanessa juga menyebutkan karya seniman Indonesia lainnya seperti Fajar Sidik, Christine Ay Tjoe sampai Arie Smith.

Lelang yang bakal berlangsung di Christie's akhir November mendatang sebelumnya akan diperlihatkan pada publik akhir Oktober di Jakarta. Kemudian bakal diboyong ke Singapura lalu dilelang di Hong Kong.

Tak hanya seni modern saja, tapi juga seni kontemporer Asia di abad ke-20, chinese classical, perhiasaan dan jam tangan langka, serta wine berkualitas.
"Skala auction season ini memang sangat besar. Sekitar 5 hari auction dengan banyak kategori. Untuk painting sendiri saat evening sale, ada feature karya-karya yang penting dan lebih bernilai termasuk karya Raden Saleh," pungkasnya.


(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed