DetikHot

art

Unik! Lukisan Abad ke-17 Senilai Rp 148 Juta Dibuat oleh Robot

Senin, 24 Sep 2018 11:42 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Unik! Lukisan Abad ke-17 Senilai Rp 148 Juta Dibuat oleh Robot Unik! Lukisan Abad ke-17 Senilai Rp 148 Juta Dibuat oleh Robot Foto: Reuters
Jakarta - Robot dapat melakukan banyak hal yang sebelumnya tidak bisa dilakukan oleh manusia. Tapi bagaimana kalau robot menciptakan lukisan old master dari abad ke-17 seperti karya Rembrandt dan kini segera dilelang. Kok bisa?

Sebuah tim di Prancis menciptakan algoritme komputer yang membuat robot menggambar di atas kanvas. Gambar antar algoritma tersebut memang terlihat lebih buram dan kabur tapi hasilnya cukup mirip.

"Kami adalah seniman dengan kuas kami adalah algoritma yang dikembangkan di komputer," ujar seorang insiyur komputer Hugo Caselles-Dupre yang mendirikan perusahaan bersama teman masa kecilnya Gauthier Vernier dan Pierre Fautrel seperti dilansir dari Reuters, Senin (24/9/2018).



Lukisan-lukisan old master ini dibuat oleh Generative Adversarial Network (GAN), sebuah robot algoritma yang belajar menghasilkan gambar baru yang diberi database dari lukisan. Dalam databasenya, ada 1500 gambar.

"Lukisannya belum sempurna seperti karya pelukis betulan, tapi saya pikir itu logis karena teknologinya masih baru," ujar Fautrel.

Lukisan-lukisan old master yang dihasilkan robot mereka akan dilelang di balai lelang Christie's New York pada Oktober mendatang. Prediksi harganya mencapai Rp 104 juta sampai Rp 148 juta.


(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed