DetikHot

art

Susahnya Pematung Purjito Bikin Patung 7 Presiden Indonesia

Kamis, 20 Sep 2018 14:35 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Susahnya Pematung Purjito Bikin Patung 7 Presiden Indonesia Susahnya Pematung Purjito Bikin Patung 7 Presiden Indonesia Foto: Tia Agnes
Jakarta - Lebih dari 27 tahun lamanya, pematung asal Yogyakarta Purjito menciptakan patung-patung sosok ternama. Salah satunya karyanya kini tengah dipamerkan di Hutan Kota kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat yang menampilkan 19 patung.

Tujuh patung di antaranya adalah patung Presiden Republik Indonesia yang dipajang di tengah taman. Mulai dari Bung Karno sampai gagahnya Jokowi mengenakan setelan jas.

Menciptakan 7 patung presiden, Purjito menceritakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi. Apalagi kalau patungnya dianggap aneh dan tak mirip.

"Patung para tokoh emang kadang ada yang bilang aneh. Misalnya saat selesai buat patung Gus Dur saya puas, patung Megawati ya dulu memang lebih ramping dan sekarang mungkin bobotnya berubah, itulah kenapa jadi sulit," tutur lulusan ISI Yogyakarta tersebut.

Di awal pembuatan patung, Purjito harus mencari-cari foto dari interner, yang lebig baik kalau bisa bertemu langsung dan mengobrol.

"Walaupun foto tapi kadang yah belum akrab dan bentuknya berbeda-beda," katanya lagi.

Ditambah dengan material perunggu yang disiapkan Purjito bagi 7 karyanya tersebut. "Kalau 80 sampai 90 persen dibilang mirip, ya artinya sudah maksimallah," tutur Purjito.

Purjito dikenal sebagai pematung yang memiliki kemampuan teknik dan bentuk realistik di atas rata-rata. Patung ciptaannya juga bertumpu pada ketajaman batin.

Sepanjang dua dekade berkarya, ia telah menggelar 5 pameran tunggal. Di antaranya adalah 'Pameran Tugas Akhir di ISI Yogyakarta' (1988), 'Mentari Kecil' di Galeri 678 Kemang (2007), 'Mandala Cakra' di FSRD ITB Bandung (2008), 'Sembah' di Taman Budaya Yogyakarta (2014), dan 'Memorandum' di Galeri Nasional Indonesia Jakarta (2015).



Tonton video 'Keren! 7 Patung Presiden Indonesia Hiasi Hutan Kota GBK':

[Gambas:Video 20detik]


(tia/mah)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed