Garuda Wisnu Kencana Kalah, Ini Patung Tertinggi di Dunia

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 05 Sep 2018 18:16 WIB
Garuda Wisnu Kencana Kalah, Ini Patung Tertinggi di Dunia Foto: Reuters
Jakarta - Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali yang digagas oleh Nyoman Nuarta menghabiskan waktu selama 28 tahun untuk dibangun. Jauh di India, berdiri patung yang didaulat sebagai tertinggi di dunia.

Karya yang merupakan proyek bergengsi dari Perdana Menteri Narendra Modi itu hampir selesai dibangun. Dengan ketinggian 182 meter, patung yang berbentuk sosok pahlawan nasional Sardar Vallabhbhai Patel itu mengalahkan patung Buddha yang ada di Cina setinggi 128 meter.

Proyek yang terletak 125 mil di bagian tenggara Gujarat, India bagian barat itu segera diresmikan pada 31 Oktober. Sebanyak 2500 pekerja menggarap patung yang menghabiskan biasaya sekitar $ 430 juta.



Dilansir dari berbagai sumber, Patel adalah pahlawan nasionalis di India dan dikenang sebagai 'Manusia Besi' dari negara yang baru merdeka pada 1947. Sosoknya berperan untuk membujuk negara-negara rival bergabung di bawah negara baru dan membentuk demokrasi besar di India.

Modi yang juga pemimpin partai nasionalis Hindu Bharatiya Janata mengatakan mengenai sosok pahlawan yang dijadikan patung tersebut.

"Setiap orang India menyesal Sardar Patel tidak menjadi perdana menteri pertama," tuturnya.

Nantinya setelah selesai, karya yang disebut 'Patung Kesatuan' bakal dilapisi perunggu dan tingginya hampir dua kali lebih tinggi dari Patung Liberty New York. Pemerintah berharap patungnya akan menarik wisatawan dan memberikan pengunjung pemandangan yang luar biasa, dengan danau yang indah.

(tia/dal)