DetikHot

art

Seni Bambu Proyek Anies Dipercantik oleh Dinas Kehutanan DKI Jakarta

Kamis, 16 Ags 2018 15:11 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Seni Bambu Proyek Anies Dipercantik oleh Dinas Kehutanan DKI Jakarta Seni Bambu Proyek Anies Dipercantik oleh Dinas Kehutanan DKI Jakarta Foto: Hanif Hawari/ detikHOT
Jakarta - Seni bambu proyek Anies karya Joko Avianto yang berada di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) dipercantik lagi. Tak hanya tiang bambu yang bakal bertengger di sana tapi juga dikelilingi oleh bunga-bunga layaknya sebuah taman.

Hal tersebut diposting Insta Stories Gubernur DKI Anies Baswedan empat jam yang lalu. ""Persiapan Peresmian Instalasi Bambu Getah Getih @dinaskehutanandki," tulisnya seperti dikutip detikHOT, Kamis (16/8/2018).

Seperti dilihat dari akun Instagram Dinas Kehutanan DKI Jakarta, instalasi bambu 'Getah Getih' sudah dihiasi oleh bunga-bunga dan tanaman. Di sekelilingnya pun sedang dibersihkan.




Keberadaan instalasi bambu 'Getah Getih' sempat menjadi perbincangan. Pemilihan lokasi yang tak tepat sampai menyebabkan karya Joko Avianto seakan tenggelam oleh Monumen Selamat Datang.

Karya Joko tersebut membutuhkan sekitar 1600 batang bambu dan waktu pengerjaan selama satu minggu lamanya. Meski terkesan kebut menggarapnya, namun karya seni instalasi itu memiliki pesan sebagai ikatan bangsa dan mewakili keberagaman seperti suku bangsa Indonesia.

"Sebenarnya agak naif, tapi sudah terintegrasi dan ada di karya saya pesannya. Saya ambil dari pasukan Majapahit yang kayak bendera dikibarkan, diarak. Tiangnya ada 73 bambu, itu Indonesia ulang tahun ke-73. Bambu itu menahan struktur dari bambu yang banyaknya 1600, itu tantangan secara konstruksi," ungkap Joko Avianto saat berbincang dengan detikHOT.


(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed