DetikHot

art

Ciputra Pernah Ditawari Lukisan Palsu Hendra Gunawan

Selasa, 07 Ags 2018 15:25 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Ciputra Pernah Ditawari Lukisan Palsu Hendra Gunawan Foto: Tia Agnes
Jakarta - Menjadi seorang kolektor terbanyak bagi karya-karya Hendra Gunawan diakui Ciputra memiliki beragam cerita. Salah satunya mengenai lukisan palsu dari sang maestro seni lukis Indonesia tersebut.

Lukisan Hendra Gunawan di antara karya S.Sudjojono, Affandi, H.Widayat, Soedibio adalah salah satu yang kerap dipalsukan. Ciputra yang juga seorang enterpreneur juga menuturkan mengenai kisah tersebut.

Ia pernah ditawari 5 buah lukisan karya Hendra oleh seseorang. Lantaran ragu mengenai keaslian, ia pun mengurungkan niat membelinya.

"Saya udah bisa melihat langsung lukisannya. Dari getaran tangannya, cara dia melukis, proporsionalnya, sikapnya. Itu semua sempurna betul. Lukisan palsunya nggak keluar itu semua, kelihatan berulang-ulang dilukis," cerita Ciputra kepada detikHOT, belum lama ini.

Ciputra Pernah Ditawari Lukisan Palsu Hendra Gunawan Ciputra Pernah Ditawari Lukisan Palsu Hendra Gunawan Foto: Tia Agnes

Lukisan Hendra memang memiliki ciri khas yang berbeda ketimbang seniman lainnya. Pendiri Sanggar Pelukis Rakyat itu dikenal dengan warna yang khas dan berani. Semangat kerakyatan menginspirasi gaya artistik sehingga membuat lukisan-lukisannya sangat Indonesia.

Bahkan Ciputra menegaskan dirinya kepincut dengan ekspresi dan komposisi warna dalam lukisan-lukisan sang maestro. Hal tersebut membuat karya Hendra dikoleksi oleh Ciputra.

Sampai saat ini, ia mengoleksi sekitar 130-an karya, 88 di antaranya adalah lukisan dan sisanya adalah sketsa. Mengenai lukisan palsu, menurut cerita Ciputra sang maestro pernah membeli lima lukisannya sendiri yang diduga palsu.

"Untuk apa? Ya untuk dihancurkan. Dia tidak ingin melihhat lukisan palsunya beredar," kenang Ciputra kala itu.

Penasaran ingin melihat lukisan langka Hendra Gunawan? Ke-32 karya Hendra bisa dilihat di Ciputra Museum hingga 16 Agustus mendatang.




(tia/mah)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed