DetikHot

art

Ciputra Hidupkan Lagi Lukisan Hendra Gunawan Lewat Patung

Sabtu, 04 Ags 2018 11:33 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Ciputra Hidupkan Lagi Lukisan Hendra Gunawan Lewat Patung Foto: Tia Agnes/detikHOT
Jakarta - Hendra Gunawan menjadi salah satu maestro seni lukis Tanah Air yang karya-karyanya sebagian besar dikoleksi oleh kolektor Ciputra. Dari 88 lukisan yang dikoleksi, beberapa karya ada yang digubah menjadi bentuk patung oleh Ciputra.

Bukan tanpa alasan Ciputra mengubah beberapa lukisan menjadi patung. Kepada detikHOT, pria yang tahun ini berusia 87 tahun itu menceritakan mengenai patung-patung tersebut.

"Saya suka warnanya dan obyeknya yang Pak Hendra lukiskan. Spontanitasnya itu tergambar seolah lukisan itu menjadi hidup buat saya. Itu pangkal saya jadikan patung, supaya hidup lagi," tutur Ciputra ketika mengobrol di Ciputra Museum, belum lama ini.

Ada 15 patung yang berhasil digubah Ciputra dengan bantuan seorang artisan. Dari ke-15 patung, ada patung yang menceritakan pengorbanan ibu yang mau menjual ayam-ayam peliharaannya.

Di patung yang nantinya berada di bagian depan pameran '100 tahun Hendra Gunawan', bakal pertama menyapa pengunjung. Di patung terdapat penggambaran ibu sedang menggandeng tiga anaknya, satu anak digendong bersama gendongan belasan ayam. Seorang anak perempuan pun tak membiarkan ibunya kehujanan dengan memayungi dengan daun pisang.

Ketika masuk ke ruang pamer, pemandangan serupa dapat dilihat dalam bentuk lukisan. Ciputra menuturkan karya tersebut menggugahnya.

"Pak Hendra selalu mengambil obyek kalangan menengah ke bawah, proletar. Lihat gambar ini penuh dengan penderitaan seorang ibu. Karena itu saya terjemahkan kembali lewat patung," tutur Ciputra yang baru saja mendapatkan penghargaan BrandLaureate Hall of Fame-Lifetime Achievement Brand Icon Leadership.

Patung gubahan Ciputra di '100 Tahun Hendra Gunawan' lainnya adalah patung 'Nude' yang menampilkan potret telanjang istri kedua Hendra, Nuraeni. Patung bersama lukisannya dimasukkan ke dalam ruang tertutup, pengunjung pun harus mengintipnya dari lubang kecil.

"Patung itu juga saya dapat referensi dari internet. Bentuknya seperti ini, oh tubuhnya seperti ini," tuturnya kembali sembari menjelaskan.

Bagi Ciputra melihat lukisan-lukisan Hendra Gunawan seperti menonton getaran perjuangan hidup. "Ternyata getaran itu salah satu yang membuat saya tertarik. Getaran yang tidak bisa dilihat tapi bisa dirasakan."

Perayaan '100 Tahun Hendra Gunawan' bakal dibuka nanti sore oleh Kemendikbud Muhadjir Effendy tepat pukul 17.00 WIB. Eksbisi 'Spektrum' yang mengundang 100 seniman Indonesia pun digelar di samping pameran 'Prisoner of Hope' yang memajang 32 karya Hendra Gunawan. Rangkaian perayaan 100 tahun Hendra Gunawan berlangsung hingga 16 Agustus 2018.



(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed