DetikHot

art

John Martono Setuju Semangat 'Beautifikasi' Tapi Harus Sama Ahlinya

Jumat, 03 Ags 2018 18:22 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
John Martono Setuju Semangat Beautifikasi Tapi Harus Sama Ahlinya Foto: Instagram Anies Baswedan
Jakarta - Semangat 'beautifikasi' demi menyambut penyelenggaraan Asian Games 2018 yang dilontarkan Anies-Sandi dikritik oleh sebagian seniman. Bagi John Martono yang dua hari lalu diajak terlibat di Kampung Sketsa Penjaringan, ia punya dua pendapat.

"Untuk semangat 'beautifikasi' saya setuju. Konsep tentunya harus dibarengi dengan teknis pelaksanaan yang benar. Sering sekali maksudnya sudah benar tapi caranya harus dirinci sedemikian rupa," ujar John ketika dihubungi detikHOT, Jumat (3/8/2018).



Jika karya seni menyangkut ruang publik seharusnya ada kerjasama dengan desain urban. Sambil tertawa, ia menyebutkan satu mata kuliah di ITB yang berkaitan dengan seni di ruang publik.

Menurutnya seni yang bersinggungan dengan lingkungan itu seharusnya yang berlaku adalah seni yang mampu dipahami bersama-sama.

"Maksud (beautifikasi Anies) sudah oke tapi rincian pelaksananya. Contohnya saat saya di Penjaringan kemarin, saya sudah punya konsep yang di-ACC, sekarang warna dicampur. Saya bilang ke petugas harian kami dari sini ke situ. Mereka semangat sekali mengerjakannya. Di Bandung saya juga melakukan gotong royong seperti itu," ujar seniman yang akrab disapa Kapten John.

"Pelaksanaan itu harus merinci dengan seksama. Masyarakat bukan semuanya seniman yang kalau dilepas jadi beragam dengan level estetika yang berbeda-beda. Kalau ada yang ahli bisa mendampingi A-Z dibagi per-wilayah juga. Ini yang asyik. Jadi bisa dibaca sebagai karya bersama," tandasnya.

Lewat karya gotong royong itu pula, Ia kerap mempublikasikan mural di Instagram dengan hastag #senibersama maupun #bersamaseni.




(tia/mah)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed