DetikHot

art

Dari Pameran Koleksi Istana: Sejarah Tak Boleh Dilupakan

Jumat, 03 Ags 2018 12:07 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Dari Pameran Koleksi Istana: Sejarah Tak Boleh Dilupakan Foto: Zhacky-detikcom
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani membuka pameran seni koleksi Istana Kepresidenan. Pameran yang menampilkan koleksi-koleksi langka 5 Istana Kepresidenan di Indonesia akan dibuka untuk umum sampai 31 Agustus 2018.

Puan Maharani menuturkan pameran langka yang digelar setiap bulan Agustus ini menghadirkan perjalanan sejarah seni rupa di Indonesia. Serta koleksi-koleksi Bung Karno yang selama ini tersimpan di Istana.

"Dari abad ke-19, sejarah membuktikan banyak sentuhan seni dari Bung Karno. Ketika di luar negeri pula, Bung Karno membawa pulang karya seni. Ada juga lukisan yang belum jadi," tutur Puan Maharani usai melihat-lihat pembukaan pameran di Galeri Nasional Indonesia, Jumat (3/8/2018).



Lewat ide Bung Karno pula, proklamator Indonesia itu kerap memberikan masukan terhadap karya para seniman. Ada juga usulan Bung Karno terhadap model-model lukisan.

"Ini sejarah yang tidak boleh dilupakan," tutur Puan.

Dari 45 karya yang dipamerkan termasuk patung dan seni kriya, Puan menyukai lukisan-lukisan tipikal perempuan Indonesia.

"Yang ditampilkan eksotik sekali, yang lain sangat bagus tapi kalau Pak Basoeki (Basoeki Abdullah) melukis perempuan Indonesia yang sesungguhnya, kebayanya, kondenya, kecantikan alami dan lain-lain," kata Puan.



Menurutnya pula penyelenggaraan pameran yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan dan Asian Games diharapkan jadi ikon wisata kesenian dan budaya.

"Kami berharap akan menjadi ikon wisata kesenian dan kebudayaan. Ini adalah masterpiece yang dimiliki oleh Indonesia," pungkasnya.

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui mana lukisan kesukaan Puan Maharani dan Triawan Munaf di sini:

[Gambas:Video 20detik]


(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed