DetikHot

art

Manusia Patung Meriahkan Pembukaan Pameran Koleksi Istana Kepresidenan

Jumat, 03 Ags 2018 08:34 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Manusia Patung Meriahkan Pembukaan Pameran Koleksi Istana Kepresidenan Foto: (Tia Agnes/detikHOT)
Jakarta - Pameran seni koleksi Istana Kepresidenan segera dibuka pagi ini. Sebelum pembukaan berlangsung, ada 10 manusia patung yang menyambut tamu-tamu yang hadir di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.

Manusia-manusia patung tersebut berdiri di atas tiang kecil. Mereka dihias bergaya ala olahragawan dengan memakai hiasan emas. Ada manusia patung yang tengah memanah, lempar lembing, golf, menembak, dan lain-lain.

Subarkah Hadisarjana yang merias para manusia patung mengatakan ke-10 manusia patung adalah mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) yang tergabung dalam Sena Didi Mime. Kelompok teater dan pantomime yang didirikan oleh Didi Petet dan Sena ini memang terkenal di Jakarta dan mancanegara.

Ia mengatakan konsepnya adalah menyambut penyelenggaraan Asian Games 2018. "Yang kami tampilkan mewakili apa yang dilombakan. Tapi ini hanya sebagian kecil saja," kata Subarkah ketika diwawancarai detikHOT, Jumat (3/8/2018).

Manusia Patung Meriahkan Pembukaan Pameran Koleksi Istana KepresidenanFoto: (Tia Agnes/detikHOT)


Untuk membuat kostum dari pakaian yang dikeraskan tersebut, Subarkah mengakui baru jadi tadi malam. Untuk riasannya sendiri dilakukan subuh tadi.

"Ini serba cepat banget. Biasanya kalau buat kostum Manusia patung itu 2 bulan, tapi ini cepat banget tadi malam," katanya lagi.

Untuk menyambut Asian Games pula, bagian depan Galeri Nasional Indonesia yang biasa dijadikan lokasi mural di bagian lantai diubah menjadi kolam renang. Puluhan anak kecil berpakaian baju renang pun sudah siap di posisi.

Pameran seni koleksi Istana Kepresidenan tahun ini mengusung tema 'Indonesia Semangat Dunia'. Kali ini ada 45 karya lukisan, seni kriya, dan patung yang dipamerkan untuk publik sampai 31 Agustus di Galeri Nasional Indonesia.

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui pembukaan 'Pameran Koleksi Istana Kepresidenan' di sini:

[Gambas:Video 20detik]


(tia/wes)

Photo Gallery
1 1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed