DetikHot

art

Komunitas hingga Seniman Antusias Submit Acara Seni di BDG Connex

Selasa, 17 Jul 2018 10:56 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Komunitas hingga Seniman Antusias Submit Acara Seni di BDG Connex Komunitas hingga Seniman Antusias Submit Acara Seni di BDG Connex Foto: BDG Connex
Jakarta - Bandung Connex Art Month atau dikenal sebagai BDG Connex baru saja dibuka pada 14 Juli lalu. Platform seni rupa tersebut menyatukan berbagai komunitas hingga studio seniman yang ada di Bandung untuk menggelar acara seni.

Salah satu penggagas BDG Connex Rifky Effendy mengatakan sampai saat ini ada sekitar 40-an komunitas maupun studio seniman yang mendaftar lewat situs BDG Connex.

"Antusiasmenya lumayan besar karena ada juga seniman-seniman yang daftar untuk open studio atau mendaftarkan karya-karyanya," tutur pria yang akrab disapa Goro ketika mengobrol dengan detikHOT di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Lewat situs BDG Connect yang bisa diakses, seniman sampai pelaku seni manapun bisa mengupload kegiatan mereka. Tak hanya seni rupa, tapi komunitas fotografi pun bisa mendaftarkan acara yang mereka gelar.



"Yang muda-muda ini jauh lebih antusias, yang kumpulan mahasiswa juga bisa mendaftar. Akhirnya kan gampang juga masyarakat bisa tahu acara-acara seni yang ada di kota Bandung. Tapi jujur ya saya juga kayak baru tahu oh ada komunitas ini, itu yah. Banyak yang kita nggak tahu juga," lanjutnya lagi.

BDG Connex tak hanya digagas oleh Rifky, namun ada juga A.Rikrik Kusmara, Rizki A.Zaelani, dan Candra Wana. Jika ditelisik dari situsnya terdapat keterangan 50 studio seniman, 40 ruang seni, 400 seniman, dan 30 komunitas seni akan bersama-sama menggelar acara secara serentak.



Secara resmi, mulai 14 Juli sampai 15 Agustus 2018, pecinta seni maupun masyarakat umum bisa mendatangi lokasi-lokasi yang membuka acara. Di antaranya adalah pameran tunggal Bambang Ernawan di Orbital Dago, pameran seni media 'PINTAS' yang dikuratori oleh Rifky Effendy dan Bob Edrian di Three Huis Gallery, Taman Budaya Jawa Barat, pameran pilihan karya Koleksi Galeri Nasional Indonesia di Galeri Soemardja, pameran Popo Iskandar di Griya Seni Popo Iskandar, hingga peluncuran buku ilustrasi karya Hilman Hendarsyah di SemAta Gallery, Bandung.

Jangan sampai ketinggalan ya!

[Gambas:Instagram]


(tia/doc)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed