DetikHot

art

Tak Biasa! Fotografer Spanyol Jepret Adegan di Cerita Rakyat Panji

Selasa, 10 Jul 2018 20:40 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Tak Biasa! Fotografer Spanyol Jepret Adegan di Cerita Rakyat Panji Foto: Karya Diego Zapatero / Tia Agnes
Jakarta - Cerita rakyat Panji yang dahulu populer di tanah Jawa tak banyak yang tertarik untuk mengangkatnya di masa kini. Seorang fotografer asal Spanyol Diego Zapatero justru tertarik dan terinspirasi untuk mengangkat adegan wayang topeng yang ada dalam cerita rakyat Panji.

Lewat pameran tunggal fotografer Diego Zapatero yang berjudul 'The Last Breath of the Prince', ia menampilkan 18 hasil jepretan. Pria yang pernah tinggal di Yogyakarta itu memajang 18 karya fotografi dan ilustrasi untuk 11 foto, panel, dan topeng.


Tak Biasa! Fotografer Spanyol Jepret Adegan di Cerita Rakyat PanjiFoto: Karya Diego Zapatero / Tia Agnes

Ditemui di sela-sela pembukaan, Diego merasa heran mengapa banyak masyarakat Indonesia yang tertarik menonton Ramayana, Mahabharata, maupun kesenian wayang lainnya tapi tidak dengan cerita rakyat Panji.

"Kenapa mau nonton tarian Ramayana dan Mahabarata tapi kok bisa tidak populer dengan Panji? Saya sendiri sangat suka dengan topeng dan juga suka dengan tari. Apalagi kalau ada cerita sejarahnya," ujar Diego yang fasih berbahasa Indonesia ditemui di Gedung C, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (10/7/2018).

Pada 2010, ia pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Indonesia untuk belajar seni fotografi di ISI Yogyakarta. Sepanjang melakukan eksplorasi mengenai kesenian Indonesia, berbekal pengetahuan dari temannya yang seorang antropolog ia mulai mendalami mengenai cerita rakyat Panji.

Di Gunung Kidul dan Bantul, ia mengajak hampir 80 orang untuk terlibat di dalamnya. Diego mereka ulang pertunjukan cerita Panji ke dalam beberapa adegan. Ada penari dan koreografer yang memeragakan lalu dipotretnya dengan teknik fotografi lawas.

"Referensi saya fotografer yang ada di arsip KITLV. Fotografer pertama dari Indoneska dan riset universitas lain dari Leiden," lanjutnya.

Cerita rakyat Panji berasal dari Jawa di abad ke-13 dan menceritakan tentang Raden Inu Kertapati dan Dewi Sekartaji. Kisah Panji adalah cinta dan petualangan keduanya. Pada 30 Oktober 2017, cerita rakyat Panji masuk dalam daftar UNESCO Memory of the World.
(tia/kmb)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed