DetikHot

art

Ine Febriyanti Lanjutkan Tur Pentas Monolog 'Cut Nyak Dhien'

Jumat, 22 Jun 2018 14:52 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Ine Febriyanti Lanjutkan Tur Pentas Monolog Cut Nyak Dhien Ine Febriyanti Lanjutkan Tur Pentas Monolog 'Cut Nyak Dhien' Foto: Indonesiakaya
Jakarta - Sha Ine Febriyanti tengah menggelar tur keliling pertunjukan monolog 'Cut Nyak Dhien' ke 10 kota di Indonesia. Baru selesai menggelar sampai ke 5 kota, aktris yang terpilih berperan sebagai 'Nyai Ontosoroh' itu segera melanjutkan ke 5 kota lainnya.

Lima kota yang bakal disambangi Ine yakni Kudus, Bandung, Tasikmalaya, Cirebon, dan Medan.

"Ini masih 5 kota lagi, nanti akan mulai sebentar lagi sampai September mendatang," ujar Ine ketika mengobrol dengan detikHOT, Kamis (21/6/2018) malam.



Monolog 'Cut Nyak Dhien' yang dibawakan senddiri oleh Ine dimulai April lalu di Gianyar Bali. Berlanjut ke Mei dengan menyambangi Makassar, Solo, dan Surabaya. Nantinya lokasi terakhir yang dikunjungi Ide adalah Padang, Sumatera Barat.

Monolog 'Cut Nyak Dhien' mengangkat sisi perempuan Cut Nyak Dhien sebagai seorang istri dan ibu yang juga goyah ketika kehilangan menghampiri kehidupannya. Dikenal sebagai seorang perempuan pejuang perkasa, Cut Nyak Dhien tak pernah menunjukkan kepedihan hati maupun dukanya saat ditinggal pergi orang yang dikasihinya, sang suami, Teuku Ibrahim ataupun Teuku Umar.

Sebagai seorang ibu, Cut Nyak Dhien harus tetap terlihat tegar di depan anaknya, juga di depan mereka yang membutuhkan tuntunan dan kepemimpinannya.

Sebagai seorang istri, Cut Nyak Dhien kerap gelisah ketika suaminya pamit ke medan perang dan tak terdengar kabar keberadaannya. Meski dirinya memahami risiko yang akan dihadapi suaminya berhadapan dengan para khape di medan juang, Cut Nyak Dhien tetaplah perempuan yang punya rasa, yang hatinya hancur, dan menangis kala yang datang adalah kabar duka.

Kisah ini dituturkan Cut Nyak Dhien dari hutan Sumedang, tempatnya menjalani masa-masa pengasingan hingga tutup usia pada 6 November 1908.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed