DetikHot

art

Pameran Kolaborasi Hanafi dan Goenawan Mohamad Dibuka Malam Ini

Kamis, 21 Jun 2018 14:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Pameran Kolaborasi Hanafi dan Goenawan Mohamad Dibuka Malam Ini Pameran Kolaborasi Hanafi dan Goenawan Mohamad Dibuka Malam Ini Foto: Studiohanafi
Jakarta - Pameran kolaborasi antara Hanafi dan Goenawan Mohamad akan dibuka malam ini. Eksibisi diselenggarakan di Gedung A Galeri Nasional Indonesia pukul 19.30 WIB.

Nantinya saat pembukaan akan dibuka oleh Ir Ciputra yang dikenal sebagai kolektor seni bagi karya-karya Hendra Gunawan. Pameran kolaboratif ini menampilkan 200 karya di atas kertas dan kanvas yang terdiri dari lukisan dan karya instalasi.

Dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Kamis (21/6) disebutkan kolaborasi di antaranya keduanya adalah kerjasama yang hangat, terbuka, tidak tergesa, penuh canda sekaligus sulit diakhiri. Sebelumnya, Hanafi telah berkolaborasi lintas disiplin lainnya dengan sastrawan, musisi, dan seniman lainnya.



Setelah pembukaan, pameran kolaboratif '57 x 76' akan menghadirkan sebuah lokakarya 'Kolaborasi Sebagai Metode' bersama Goenawan Mohamad, Hanafi, dan Agung Hujatnikajennong. Lokakarya berlangsung pada Minggu (24/6) pukul 14.00 WIB di Galeri Nasional Indonesia.

200 karya seni di atas kertas dan kanvas dengan tiga instalasi tersebut akan menemui pengunjung dan memperlihatkan bagaimana daya karsa keduanya saling 'merusak'.

"Bagi saya kata 'dirusak' adalah isyarat untuk membuat metamorfosis pada garis, bidang, dan warna yang ia tawarkan. Pada umumnya Hanafi membuat karya-karya monokromatik dan kalau tidak deretan karyanya mengisyaratkan tema kenangan pada Picasso, Max Ernst, sugesti erotic, dan bentuk-bentuk surealistis," ujar Goenawan.

"Saya menyambut "corak" ini mengikutinya justru dengan membuat beda tiap kali," pungkasnya.

Pameran berlangsung pada 22 Juni sampai 2 Juli 2018 mendatang pukul 10.00-19.00 WIB.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed