DetikHot

art

Kisruh Gugatan Patung Ikonik 'LOVE' Makin Memanas

Selasa, 22 Mei 2018 12:12 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Kisruh Gugatan Patung Ikonik LOVE Makin Memanas Kisruh Gugatan Patung Ikonik 'LOVE' Makin Memanas Foto: Reuters
Jakarta - Di tengah kabar kematian dari Robert Indiana yang terkenal dengan patung ikonik bertuliskan huruf 'LOVE', ada kabar terbaru lainnya. Gugatan tersebut antara Morgan Art Foundation dan American Image Art.

Dilansir dari Reuters, disebutkan Morgan Art Foundation yang telah menjadi agen Indiana selama lebih dari dua dekade, menuduh American Image Art mengeksploitasi Indiana yang saat itu dalam kondisi lemah. Beberapa karya Indiana disebut telah dijual jutaan dolar.

Beberapa tahun belakangan, Indiana menjadi terisolasi sejak Jamie Thomas bekerja di kediaman rumah Indiana. Bahkan Morgan Art Foundation menyebutkan kematian Indiana akan menguntungkan Michael McKenzie dari American Art Image.



"Kami mengajukan gugatan ini untuk melindungi Robert Indiana dan warisannya," ujar Luke Nikas dari Quinn Emanuel Urquhart & Sullivan mewakili penggugat.

Keluhan tersebut juga terhadap kerusakan merek dagang, pelanggaran kontrak, dan kliam lain atas yang disebut Nikas sebagai skema pemalsuan.

Indiana dikenal dengan patung ikonik huruf L, O, V, dan E yang disusun dalam bentuk persegi. Huruf O disusun secara miring dan diagonal ke kanan.



Menanggapi gugatan tersebut, McKenzie pun mengomentari ia merasa kasihan lantaran sepanjang hidupnya Robert Indiana telah dieksploitasi.

"Ia adalah salah satu seniman terpenting di abad ini. Andy Warhol dan Roy Lichtenstein bahkan mengakuinya," katanya.

Ia menciptakannya di tahun 1965 untuk kartu Natal oleh Museum of Modern Art di Manhattan. Gambar itu pun muncul dalam prangko AS tahun 1973 dan setelahnya sudah mendunia.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed