DetikHot

art

Halte Busway Blok M Dipercantik dengan Mural

Jumat, 11 Mei 2018 16:30 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Halte Busway Blok M Dipercantik dengan Mural Halte Busway Blok M Dipercantik dengan Mural Foto: Studiohanafi
Jakarta - Halte busway Blok M Jakarta Selatan kini dipercantik dengan beragam mural. Ada 15 peserta terpilih workshop seni media 'Seni di Ruang Publik' yang ke-2 yang menghias tembok dengan tema 'Tenun dan Hiasan Kepala Memperpanjang Kesabaran'.

Workshop yang diampu oleh Hanafi perupa sekaligus Direktur StudioHanafi dan perupa asal Yogyakarta Farhan Siki. Tema tersebut dipilih lantaran hiasan di kepala mempelai perempuan menyimbolkan harapan, doa, kesabaran, dan kesucian.



"Dua narasi dibahasakan lewat kain tenun dan hiasan di kepala mempelai perempuan yang merupakan kearifan lokal. Nilai hiasan di kepala mengajarkan untuk berpikir dan tenun dalam proses kerjanya mengandung nilai kesabaran yang tinggi," ujar Art Programme Studiohanafi, Adinda Luthvianti dalam keterangan pers yang diterima, Jumat (11/5/2018).

Halte Busway Blok M Dipercantik dengan Mural Halte Busway Blok M Dipercantik dengan Mural Foto: Studiohanafi


Ke-15 peserta terpilih berasal dari Flores, Karo-Sumatera Utara, Balikpapan, Wonosobo, Tegal, Madura, Jakarta, Depok, Bandung, Tasikmalaya, dan lain-lain. Mereka terpilih setelah mengikuti proses seleksi open call oleh Hanafi dan Farhan Siki.

"Gagasan mural dari para peserta berlandaskan sketsa tenun dan sunting, yang bersama-sama para peserta saling menenun gagasan dan ide bersama material yang sesuai," ujarnya.

Mural yang digarap oleh peserta workshop seni media tak hanya terjadi di Halte Busway Blok M saja. Namun juga berlangsung di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Workshop Seni Media "Seni di Ruang Publik" digelar oleh Studiohanafi bekerjasama dengan Subdit Seni Media, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.






(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed