DetikHot

art

Pameran Tunggal Naufal Abshar Dibuka 27 April di D Gallerie Jakarta

Senin, 23 Apr 2018 18:42 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Pameran Tunggal Naufal Abshar Dibuka 27 April di D Gallerie Jakarta Pameran Tunggal Naufal Abshar Dibuka 27 April di D Gallerie Jakarta Foto: Naufal Abshar/ Pribadi
Jakarta - Dikenal dengan seri lukisan 'HAHA', seniman Naufal Abshar segera menggelar pameran tunggal berjudul 'The World of Entertainment'. Pameran solo Naufal dibuka pada 27 April di D Gallerie Jakarta.

Di pameran tunggalnya Naufal menyoroti dunia kelas menengah dalam beberapa gaya bahasa terutama ironi dan sarkasme. Ia menghadirkan rupa figuratif dan tulisan-tulisan mungil yang spontan.

"Naufal berkata bahwa tawa yang hadir dalam lukisannya mencerminkan tawa dalam sebuah pesta yang dihadiri sosialita, komunitas di mana Naufal seringkali menjadi bagian di dalamnya," ujar kurator pameran Chabib Duta Hapsoro dalam keterangan yang diterima, Senin (23/4/2018).



Figur yang dihadirkan Naufal adalah penampakan 'grotesk'. Wajah-wajahnya terdistorsi dalam rupa yang buruk tapi tampil dengan tertawa lebar.

"Rupa yang "grotesk" menandai kritik Naufal pada dunia sosialita di mana para pelakunya memiliki keinginan berlebih untuk eksis dan di saat yang sama haus akan hiburan sehingga berperilaku kurang masuk akal dan berlebihan," lanjut Chabib.

Lulusan Lasalle College of Arts Singapura dan Goldsmith University of London itu telah menggelar sejumlah pameran di Singapura, Yogyakarta, Jakarta, dan Venesia.



Pada 2013, ia meraih juara pertama di kompetisi live painting di Indonesia Arts Festival. Lukisan HAHA yang menjadi ciri khasnya menjelajahi penggabuan antara konsep tawa dan humor yang universal di kebudayaan manusia.

Pameran dibuka pada 27 April 2018 pukul 19.00 di D Gallerie, Jalan Barito I No 3, Kebayoran Baru, Jakarta. Eksibisi berlangsung hingga 27 Mei 2018.



[Gambas:Instagram]


(tia/srs)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed