DetikHot

art

Komikus Indonesia akan Gelar Deklarasi AKSI Komik Indonesia

Senin, 23 Apr 2018 16:48 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Komikus Indonesia akan Gelar Deklarasi AKSI Komik Indonesia Komikus Indonesia akan Gelar Deklarasi AKSI Komik Indonesia Foto: Istimewa
Jakarta - Melesatnya perkembangan komik Indonesia di Tanah Air dan jumlah pembaca komik digital, Asosiasi Komik Indonesia (AKSI) akan menggelar deklarasi. Deklarasi komik sebagai pilar dasar ekonomi kreatif itu berlangsung di Swillhouse Fairgrounds, SCBD pada Selasa (24/4).

"Lebih dari 100 judul komik Indonesia rilis mingguan setiap hari sepanjang tahun di berbagai aplikasi komik dan media sosial, sangat kontras dengan 10 tahun yang lalu," tulis keterangan yang diterima detikHOT, Senin (23/4).



Perkembangan industri komik Indonesia juga diiringi oleh tantangan baru. Maka, AKSI didirikan untuk mengantisipasi tantangan tersebut.

AKSI merupakan asosiasi yang didirikan oleh pengelola Intellectual Property yang fokus pada media komik. Sejumlah nama komikus dan pengelola Intellectual Property (IP) banyak yang sudah dikenal publik.

Di antaranya adalah Bumilangit (pemilik IP karakter komik lokal legendaris seperti Si Buta, Gundala, Godam), PIONICON (Si Juki), Octopus Garden (Mice Cartoon), Infia (Komikin Ajah), FranKKomiK (Setan Jalanan), Skylar Comics (Volt & Valentine), Ciayo Comics (Heartbeat & Blue Serenade), re:ON Comics (Grand Legend Ramayana & Galauman), Kosmik (Manungsa & Wanoja), dan Padma Pusaka Nusantara (Nusa Five).

Nantinya, deklarasi akan dihadiri oleh Faza Meonk, Franki Indrasmoro S, Marcelino Lefrandt, Mice Misrad, Sweta Kartika, dan sejumlah komikus lainnya.


(tia/srs)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed