DetikHot

art

Rayakan Hari Kartini, Happy Salma Bikin Pentas Monolog 3 Perempuan

Kamis, 19 Apr 2018 11:05 WIB  ·   Hanif Hawari - detikHOT
Rayakan Hari Kartini, Happy Salma Bikin Pentas Monolog 3 Perempuan Rayakan Hari Kartini, Happy Salma Bikin Pentas Monolog 3 Perempuan Foto: Palevi S/detikHOT
Jakarta - Happy Salma kembali memproduseri pertunjukan monolog 3 perempuan untuk merayakan Hari Kartini pada 21 April. Pentas yang berlangsung di Galeri Indonesia Kaya itu terinspirasi dari buku Pramoedya Ananta Toer 'Panggil Aku Kartini Saja'.

"Tanggal 21 April nanti saya akan buat pertunjukan Kartini. Ada 3 perempuan, ada satu perempuan yang dia punya kemelut dan sakit dengan dirinya. Bagaimana dia bisa membebaskan kesakitan dalam dirinya, ada Dinda Kanya Dewi bagaimana dia terkungkung dari tekanan pekerjaan," tutur Happy Salma saat ditemui dalam rangkaian acara pameran 'Namaku Pram' di Galeri Indonesia Kaya, Rabu (18/4/2018).

Pertunjukan tersebut dimulai saat Happy mulai membaca buku 'Panggil Aku Kartini Saja'. "Dari situ saya juga melihat bagaimana sosok Kartini bukan cuma seorang perempuan yang dipingit, menikah, dan meninggal," ujar Happy.



Menurutnya sosok Kartini bisa melampaui zamannya. "Saya baru tahu Kartini bisa menggambar, melukis dengan baik, membuat puisi yang indah, dan pandangan-pandangan ideologi dia soal agama, kesetaraan gender. Dia sudah bisa melampaui pada zamannya."

Lewat pentas ini pula, Happy ingin menyampaikan pesan perempuan bisa berjuang dengan cara keperempuannya.

"Bahwa perempuan itu dengan menjadi maju itu bukan berarti harus galak, bukan harus berantem. Dengan kodratnya perempuan. Caranya perempuan ya hanya perempuan yang tahu kan. Kalau kita melawan, kita dengan senyum kita, pendekatan kita, yang laki-laki tidak bisa melakukan itu," tukasnya.



Happy pun sudah menyiapkan pementasannya selama setahun. Monolog yang bertajuk 'Episode: Tarung/Stripping/Rubberneck' menampilkan tiga pemain di antaranya adalah Miranda Risang Ayu Palar, Dinda Kanya Dewi, dan Jessy. Disutradarai Wawan Sofwan, monolog digelar pada Sabtu (21/4) pukul 15.00-16.00 WIB di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, West Mall Grand Indonesia.



(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed