DetikHot

art

Skandal Seks di Akademi Swedia, Kepala Hadiah Nobel Sastra Berhenti

Jumat, 13 Apr 2018 18:22 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Skandal Seks di Akademi Swedia, Kepala Hadiah Nobel Sastra Berhenti Skandal Seks di Akademi Swedia, Kepala Hadiah Nobel Sastra Berhenti Foto: Reuters
Jakarta - Lebih dari satu abad, Akademi Swedia sebagai penyelenggara Nobel memberikan penghargaan kepada sosok yang berjasa di lima bidang. Belakangan ini Akademi Swedia tengah mengalami permasalahan akibat skandal seks yang makin memburuk.

Kepala Akademi Swedia yang memilih pemenang Hadiah Nobel Sastra, Sara Danius mengundurkan diri di tengah krisis yang berkembang. Dia mengumumkan kabar tersebut pada Kamis (12/4) setelah pertemuan darurat selama 3 jam bersama anggota Akademi di Stockholm.

Dalam pembacaan keputusannya, Sara Danius mengatakan dia kehilangan kepercayaan dari akademi.



"Ini adalah keinginan akademi bahwa saya meninggalkan jabatan saya sebagai sekretaris tetap," ujar Danius yang juga seorang sejarawan sastra Swedia.

Sara Danius merupakan perempuan pertama yang memegang posisi tersebut. "Saya ingin terus maju dan melakukan hal lain dalam hidup."

Pekan lalu, tiga anggota akademi juga mengundurkan diri karena masalah skandal seks ini. Menurut laporan Dagens Nyheter, serangan seksual yang dituduhkan terjadi antara tahun 1996 dan 2017.



Anggota yang mengundurkan diri adalah Peter Englund, Klas Ostergren, dan Kjell Espmark yang mengatakan skandal itu mengahancurkan dunia sastra Swedia. Dalam surat kabar lokal juga disebutkan ada 18 wanita yang mengaku dilecehkan oleh salah satu tokoh Akademi Swedia yang berpengaruh.

Akademi Swedia sebagai penyelenggara Nobel Sastra sejak 1901 mempunyai 18 anggota tetap yang bersifat abadi dan seumur hidup. Skandal seks ini mencuat setelah kampanye #MeToo menggema.


(tia/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed