detikHot

art

Lukisan Picasso Koleksi Pebisnis AS Rockefeller Dijual di New York

Jumat, 16 Mar 2018 10:39 WIB Tia Agnes - detikHot
Lukisan Picasso Koleksi Pebisnis AS Rockefeller Dijual di New York Foto: Reuters Lukisan Picasso Koleksi Pebisnis AS Rockefeller Dijual di New York Foto: Reuters
Jakarta - Lukisan-lukisan Picasso yang menjadi harta dari pebisnis Rockefeller segera dijual di New York. Penjualan yang paling berharga dari koleksi pribadi itu bisa terjual lebih dari setengah miliar dolar.

Sepuluh karya Picasso dan Monet mewakili sebagian dari 1600 koleksi yang dimiliki oleh bankir David Rockefeller dan istrinya Peggy. Lelang akan berlangsung pada Mei mendatang.

David Rockefeller, cucu dari taipan minyak John D.Rockefeller meninggal tahun lalu di usia 101 tahun.



"Kami mengumumkan bahwa penjualan ini menjadi koleksi paling berharga sepanjang masa dan penjualan amal yang paling berharga," ujar pihak Balai Lelang Christie, Jonathan Rendell, dilansir dari Reuters, Jumat (16/3/2018).

Salah satu dari karya yang dijual adalah lukisan Picasso yang berjudul 'Young Girl with a Flower Basket' yang dilukis pada 1905 silam. Lukisan itu pernah diakuisisi oleh kawan dari kolektor Gertrude Stein.

Selain itu ada patung yang mengekspresikan sosok pria melankolis yang tergantung di perpustakaan Rockefeller selama beberapa dekade. Christie memprediksi karyanya laku antara 90 sampai 120 juta dolar.



Lukisan Picasso lainnya juga dijual yang merupakan hadiah Natal kepada novelis Stein. Hasil penjualan akan diberikan untuk kegiatan amal termasuk kepada Universitas Harvard dan Museum of Modern Art.


(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com