DetikHot

art

Orbital Dago Persembahkan Pameran Tunggal Seniman Keramik Natas Setiabudhi

Rabu, 14 Mar 2018 12:46 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Orbital Dago Persembahkan Pameran Tunggal Seniman Keramik Natas Setiabudhi Orbital Dago Persembahkan Pameran Tunggal Seniman Keramik Natas Setiabudhi Foto: Orbital Dago
Jakarta - Orbital Dago Gallery mempersembahkan pameran tunggal dari Natas Setiabudhi. Eksibisi bakal dibuka pada 29 Maret mendatang dan berlangsung hingga 18 April 2018.

Berjudul 'Ordo Geometric', pameran tunggal kedua dari seniman keramik asal Bandung itu sejak 10 tahun yang lalu menampilkan bentuk geometris dengan menciptakan modul-modul keramik berbahan stoneware.

"Perilaku berkarya keramiknya jarang dilakukan dalam tingkat keramik studio seniman, karena butuh kecermatan dan perhitungan yang tepat dalam prosesnya, seperti produksi keramik industrial. Tetapi Natas sepertinya terlanjur menikmati bentuk-bentuk yang eksak dan penerapan warna yang didominasi putih zirconia yang merata dan halus pada permukaannya. Walaupun dilakukan secara manual," tulis keterangan Orbital Dago seperti yang diterima detikHOT, Rabu (14/3/2018).

Orbital Dago Persembahkan Pameran Tunggal Seniman Keramik Natas SetiabudhiOrbital Dago Persembahkan Pameran Tunggal Seniman Keramik Natas Setiabudhi Foto: Orbital Dago


Karya-karya keramiknya sebagian besar terdiri dari permainan susun modul dengan masing-masing berbentuk segi empat yang mengerucut persegi tiga. Ada juga yang terbenam ke dalam atau seperti positif dan negatif yang dimaknai sebagai adanya dualisme.



"Bagi sang seniman, konsep dualisme merupakan konsep universal yang berlaku dalam fenomena alam maupun hal yang sifatnya material dan spiritual. Dualisme dapat dikontekskan sebagai hal yang berpasang-pasangan. Pada dasarnya, manusia merupakan makhluk yang memiliki dua kepribadian, cenderung ke arah baik (positif) atau ke arah buruk (negatif)," tulis keterangan Orbital Dago.

Sebelumnya Natas menggelar pameran tunggal berjudul 'Landscape #2' di S.14 Gallery Bandung pada 2012 lalu. Sejumlah pameran kolektif juga pernah diikuti Natas.

Di antaranya yang terbaru adalah 'Ceramic Artist Exchange' di Tandem, Kunstlerhaus Stadttopferei Neumunster, Jerman (2017), pameran 'Tree of Life' di Ayala Museum, Makati, Filipina (2016), Jakarta 3rd Contemporary Ceramics Biennale: Coefficient of Expansion di Galeri Nasional Indonesia (2014), Fourth ASNA Clay Triennial, Karachi, Pakistan (2013), dan lain-lain.

Pameran dibuka pada Kamis (19/3) pukul 19.00 WIB di Orbital Dago, Jalan Rancakendal Luhur Nomor 7, Dago atas, Bandung.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed