DetikHot

art

Lukisan Kekasih Gelap Francis Bacon Dipajang di London

Jumat, 23 Feb 2018 14:17 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan Kekasih Gelap Francis Bacon Dipajang di London Lukisan Kekasih Gelap Francis Bacon Dipajang di London Foto: Istimewa
Jakarta - Untuk pertama kalinya lukisan Francis Bacon dan Lucian Freud dipajang berdampingan. Lukisan yang menggambarkan satu subyek sosok yang sama itu dilukis di masa-masa akhir kehidupan Bacon.

Sosok yang dilukiskan bernama George Dyer itu memiliki cerita di baliknya. Dyer disebut sebagai kekasih gelap yang disembunyikan selama hidup Bacon.

Ahli seni Pilar Ordovas mengatakan lukisan-lukisan George Dyer memberi ruang dan jarak dari ciri khas Bacon.



"Anda bisa melihat George Dyer termenung, masuk ke dalam pikirannya, dan ada sesuatu yang rapuh tentang dia," tutur dia dilansir dari Guardian, Jumat (23/2/2018).

Lukisan Bacon yang berjudul 'Three Studies of George Dyer ' (1966) dijual di Balai Lelang seharga £ 29 juta tahun lalu. Sedangkan lukisan Freud 'Man in a Blue Shirt' dibuat pada tahun yang sama.

Kedua lukisan dipajang di Galeri Ordovas di London. Diceritakan, dalam biografi Francis Bacon yang ditulis Michael Peppiatt, Dyer mendekatinya dengan ceria dan menawarkan minuman.



Mereka dikatakan saling jatuh cinta dan berakhir dengan tragis. Dyer bunuh diri dua hari sebelum pembukaan pameran Bacon yang sangat penting di Grand Palais di Paris.

Pihak galeri pun mengatakan hubungan antara Bacon dan Dyer sangat kacau. Namun, terkadang disalahpahami.

"Orang-orang menganggap George Dyer adalah sosok yang kejam dan juga berhubungan dekat dengan Lucian Freud, dan sebaliknya," pungkasnya.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed