DetikHot

art

37 Karya Seni Dyan Anggraini dan Landung Simatupang Dipajang di Jakarta

Selasa, 20 Feb 2018 14:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
37 Karya Seni Dyan Anggraini dan Landung Simatupang Dipajang di Jakarta 37 Karya Seni Dyan Anggraini dan Landung Simatupang Dipajang di Jakarta Foto: GNI
Jakarta - Galeri Nasional Indonesia bekerjasama dengan dyanartstudio menggelar pameran seni rupa dan sastra karya perupa Dyan Anggaini dan penyair Landung Simatupang. Kolaborasi bersama itu terangkum lewat pameran seni 'Perempuan (di) Borobudur' atau 'Borobudur Women'.

Ada 37 karya dua dimensi dan tiga dimensi yang memadukan antara seni rupa dan sastra. Keduanya merespons relief-relief bergambarkan figur perempuan yang ada di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Kurator pameran Suwarno Wisetrotomo mengatakan Candi Borobudur yang merupakan situs atau kawasan yang memiliki sejarah panjang memang penuh dengan cerita.

"Berkunjung ke Borobudur bagi wisatawan secara sederhana mendatangi candi, naik ke lokasi bangunan candi, menyusuri relief dan terkadang mengabaikan cerita di dalam relief indah," tutur Suwarno dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Selasa (20/2/2018).



Namun, tak banyak wisatawan yang membaca narasi kelahiran Sidharta sampai menjadi Sang Budha dan berupaya mengerti riwayat sumpah Sudhana untuk mengikuti Bodhisatva Samanthabhadra sebagai teladan. "Pertanyaan menggelisahkan dan pergeseran nilai budaya yang coba diteliti oleh Dyan Anggraini dan Landung Simatupang," kata Suwarno.

Dari sudut pandang keduanya, Dyan menggubah menjadi karya seni rupa. Sedangkan Landung menuturkannya menjadi puisi atau prosa lirik yang berasal dari karya-karya Dyan.

Nama Dyan Anggraini di dunia seni rupa bukan seniman baru. Mulai berpameran sejak paruh kedua tahun 1970an, Dyan sudah menggelar 141 pameran seni di Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Landung Simatupang juga dikenal sebagai seorang penyair, aktor, dan sutradara teater.

Pameran dibuka pada 21 Februari pukul 19.00 WIB oleh sutradara film Nia Dinata. Eksibisi berlangsung sampai 5 Maret 2018 di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia.


(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed