DetikHot

art

Wah... Ada Karya Tersembunyi di Balik Lukisan Pablo Picasso

Senin, 19 Feb 2018 11:46 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Wah... Ada Karya Tersembunyi di Balik Lukisan Pablo Picasso Wah.. Ada Karya Tersembunyi di Balik Lukisan Pablo Picasso Foto: Art Gallery of Ontario/ Istimewa
Jakarta - Pablo Ruiz Picasso dikenal sebagai seniman beraliran kubisme dan revolusioner di abad ke-20. Sebuah penemuan terbaru menyebut, di balik lukisan ' La Misereuse Accroupie' atau 'The Crouching Beggar' karya Picasso ada karya tersembunyi lainnya.

Riset yang dilakukan di galeri seni Ontario Kanada itu menyatakan lukisan seorang perempuan Picasso di permukaan terlihat lebih sepi dan tidak terlalu banyak subyek. Namun, ketika dilihat menggunakan X-Radiograf atau X-Ray ada fakta mengejutkan.

"Di sinilah teknologi memungkinkan kita untuk masuk ke dalam pikiran seniman, jadi kita benar-benar dapat memahami proses kreatif Picasso. Dan bagaimana ia benar-benar mulai memproduksi karya seni," kata Marc Walton dari Universitas Northwestern yang mengumumkan karya tersebut di Texas kemarin.



Picasso melukis 'La Misereuse Accroupie' pada 1902 atau di awal periode berkarya. Pada 1992, para konservator menemukan lukisan. Ketika diteliti ada tekstur lukisan di bagian dalam yang memperlihatkan mata elang.

Wah.. Ada Karya Tersembunyi di Balik Lukisan Pablo PicassoWah.. Ada Karya Tersembunyi di Balik Lukisan Pablo Picasso Foto: Art Gallery of Ontario/ Istimewa


"Ada juga warna yang tidak terkait dan seakan mengintip ke permukaan lewat celah-celah kecil. Ada perubahan komposisi kalau dilihat lebih dalam," ujar konservator lukisan di Galeri Seni Ontario, Sandra Webster-Cook, dilansir dari Guardian, Senin (19/2/2018).

Walton melanjutkan ternyata Picasso menggambar pemandangan di balik bentuk perempuan tersebut.

"Dia memakai lanskap sebagai inspirasi untuk bentuk perempuan. Bukit-bukit yang dilukis menjadi kontur punggung perempuan," ungkap Walton.

Bagaimana misteri karya tersembunyi di lukisan Picasso? Simak artikel berikutnya!


(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed