DetikHot

art

Bagi Kehinde Wiley, Melukis Barack Obama Adalah Tanggung Jawab Besar

Selasa, 13 Feb 2018 12:11 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Bagi Kehinde Wiley, Melukis Barack Obama Adalah Tanggung Jawab Besar Bagi Kehinde Wiley, Melukis Barack Obama Adalah Tanggung Jawab Besar Foto: Dok. CNN
Jakarta - Kehinde Wiley tak menyangka namanya terpilih di antara seniman Afrika lainnya untuk melukis potret Barack Obama. Padahal menurutnya masih banyak seniman lainnya yang layak dan bagus ketimbang dirinya.

Usai peresmian lukisan potret Barack dan Michelle Obama di The Smithsonian's National Potrait Gallery, Wiley mengatakan ketika tawaran datang, tentu saja dia tidak bisa menolaknya.

"Saya tidak bisa menolaknya dan saya juga mau. Saya bisa memberitahu Anda bahwa saya adalah seniman Afrika-Amerika pertama yang menciptakan potret presiden. Ini adalah tanggung jawab besar buat saya," tuturnya dilansir dari Guardian.



Sebelum melukis potret Barack Obama, Wiley melakukan riset dari ribuan potret yang tersebar dari Obama. "Saya benar-benar menyeleksinya ribuan. Ribuan dan ribuan."

"Prosesnya pun sangat menyenangkan, Barack Obama juga terlibat untuk memilihnya tapi saya sudah mengatakan itu sangat banyak," katanya lagi.

Hasil jadi lukisannya, lanjut Wiley, menggambarkan pria yang berani. Lukisan bergaya klasik Eropa itu dipuji oleh publik khususnya Barack Obama sendiri.

Karya-karya Wiley tak hanya bisa dilihat di National Potrait Gallery saja, tapi juga dipamerkan di museum-museum seluruh dunia. Seperti di North Carolina Museum of Art, Museum Brooklyn, Milwaukee Art Museum, dan Institut Seni Detroit.


(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed