DetikHot

art

Setelah Residensi di Thailand, Ajeng Martia Saputri akan Eksplorasi Resin

Senin, 12 Feb 2018 18:08 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Setelah Residensi di Thailand, Ajeng Martia Saputri akan Eksplorasi Resin Setelah Residensi di Thailand, Ajeng Martia Saputri akan Eksplorasi Resin Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Ajeng Martia Saputri berhasil memenangkan Kompetisi Trimatra Salihara 2016 dan berangkat residensi ke Thailand. Sukses residensi di negeri Gajah Putih, lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) akan mengeksplorasi material lainnya dalam berkarya.

"Karya saya yang menang di tahun 2016 lalu menggunakan material kain dan jujur sudah sangat nyaman dengan kain. Tapi saya belajar banyak ketika di Thailand kemarin, termasuk eksplorasi material dan teknik," tutur Ajeng ketika ditemui di Komunitas Salihara, akhir pekan lalu.



Di pameran seni 'Setelah Residensi Trimatra', di salah satu karya Ajeng menggunakan resin yang dibentuk menjadi beragam pakaian dalam dan atasan baju. Uniknya di tengah karya tersebut terdapat sulaman berwarna merah yang berisi perasaannya sangat menyulam.

Di karya lainnya, boneka yang tengah duduk di atas kayu berbentuk kuda juga eksplorasi lainnya dari Ajeng. "Walaupun belum sempurna, ya harus aku coba terus dan mengolah banyak medium lagi," kata Ajeng.

Setelah Residensi di Thailand, Ajeng Martia Saputri akan Eksplorasi ResinSetelah Residensi di Thailand, Ajeng Martia Saputri akan Eksplorasi Resin Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Lewat karya-karya yang ada dalam seri berjudul 'Lost in Translation' yang dipamerkan di Galeri Salihara, dia ingin mengenalkan hal personal pada publik. "Karya yang ada di sini adalah penyimbolan saya dan memang selalu bahas masalah personal dan hal-hal yang dekat dengan aku," pungkasnya.

Ajeng adalah juara ketiga Kompetisi Trimatra Salihara 2016 dan menyelesaikan studio seni rupa di ITB pada 2015 lalu. Awalnya dia banyak mengeksplorasi medium kertas, lalu beralih ke kain, suara, resin, dan kayu.

Pada 2017, dia melakukan residensi di Tentacles Art Space, Bangkok, Thailand. Serta berpartisipasi dalam pameran 'Two Young Indonesian Artist at Tentacles' di Tentacles Art Space tahun lalu.


(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed