DetikHot

art

Tak Pernah Tertangkap Kamera 20 Tahun, Inikah Sosok Seniman Jalanan Banksy?

Jumat, 09 Feb 2018 17:51 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Tak Pernah Tertangkap Kamera 20 Tahun, Inikah Sosok Seniman Jalanan Banksy? Tak Pernah Tertangkap Kamera 20 Tahun, Inikah Sosok Seniman Jalanan Banksy? Foto: Independent
Jakarta - Seniman jalanan Banksy selalu tersembunyi dan tidak diketahui identitasnya. Namun video yang diambil warga di Hull, Inggris, mengungkapkan wajah dan sosok sebenarnya dari Banksy. Benarkah Banksy memiliki nama asli Robin Gunningham yang juga seorang seniman?

Pada 2003, pria yang diduga adalah Banksy pernah tertangkap kamera di Jamaika saat memegang stensil khas Banksy. Sekarang sosok yang serupa dengan di Jamaika tertangkap video rekaman warga, bertepatan dengan hari saat tiga karya Banksy ditemukan di kota.



Pria tersebut terlihat mengenakan topi baseball dan kacamata hitam. Dia terlihat berada di dalam mobil van pribadinya, tak jauh dari lokasi penemuan tiga stensil Banksy baru-baru ini.

Lewat akun Instagram Banksy, dia mengungkapkan stensilnya berada di sisi jembatan Scott Street yang terbengkalai di Hull, Yorkshire bagian timur. Salah satu saksi mata lainnya adalah seorang pebisnis bernama Richard Tilson, 39 tahun.

Tak Pernah Tertangkap Kamera 20 Tahun, Inikah Sosok Seniman Jalanan Banksy?Tak Pernah Tertangkap Kamera 20 Tahun, Inikah Sosok Seniman Jalanan Banksy? Foto: BBC


Dia mengaku melihat dua pria di dalam van Sprinter Mercedes dan awalnya mengira mereka adalah perampok. Namun, dia langsung menyadari salah satu di antaranya tengah memotret stensil Banksy, yang hasil fotonya sama persis seperti postingan Bansky di Instagram.

"Saya tidak percaya kalau salah satu orang itu mungkin saja Banksy dan sudah membuat geger penjuru kota Hull. Saya yakin 95 persen bahwa itu dia," ujar Tilson.

Banksy memulai kariernya di Bristol pertengahan 1990-an. Sampai sekarang dia tidak pernah mengungkapkan identitasnya. Stensil sampai mural-mural Banksy menjadi fenomena di seluruh dunia.

[Gambas:Video 20detik]


(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed