DetikHot

art

Lukisan Putri Nigeria yang Hilang 40 Tahun Lalu Ditemukan di London

Jumat, 09 Feb 2018 12:35 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan Putri Nigeria yang Hilang 40 Tahun Lalu Ditemukan di London Lukisan Putri Nigeria yang Hilang 40 Tahun Lalu Ditemukan di London Foto: Reuters
Jakarta - Kabar bahagia bagi pecinta seni Afrika. Lukisan yang menggambarkan seorang putri Nigeria yang hilang lebih dari 40 tahun, akhirnya ditemukan di apartemen London dan segera dijual di Balai Lelang.

Lukisan karya Ben Enwonwu yang dilukis pada 1974 itu pernah tampil dalam sebuah pameran seni di Lagos pada 1975. Sampai saat itu keberadaan lukisannya tidak diketahui sampai muncul lagi di bagian utara London.

Ahli seni rupa modern dan kontemporer di rumah lelang London, Bonhams, Giles Peppiatt mengatakan lukisan Ben Enwonwu yang berjudul 'Tutu' adalah mahakarya.



"Orang-orang masih mempertanyakan 'di mana Tutu'? Ketika gambar ini muncul, kabarnya sangat luar biasa," kata Peppiatt dilansir dari Reuters, Jumat (9/2/2018).

Lukisan 'Tutu' menggambarkan potret dari cucu kelompok etnis Yoruba bernama Adetutu Ademiluyi. Potretnya memiliki arti khusus bagi negara Nigeria sebagai simbol rekonsiliasi nasional setelah Perang Biafran 1967-1970.

Enwonwu termasuk dalam kelompok etnis Igbo yang besar di bagian tenggara Nigeria. Sebelumnya dia melukis tiga versi dari Putri Nigeria tersebut. Dua lukisan lainnya tetap hilang, padahal dia membuatnya pada 1970-an.



Namun, gambar-gambarnya tetap beredar di pasaran dan dikenal oleh orang-orang Nigeria. Anak sang seniman yang juga Presiden Society of Nigerian Artist, Oliver Enwonwu, mengatakan penemuan lukisan tersebut adalah warisan bagi negara Nigeria.

"Mengingat kontribusi ayah saya untuk seni Nigeria dan seni Afrika secara global," katanya.

Nantinya lukisan akan dilelang di Bonhams, London pada 28 Februari. Harga lelangnya berkisar antara Rp 3,9 miliar sampai Rp 5,9 miliar.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed