DetikHot

art

Seniman Adam de Boer dan Jumaldi Alfi Pajang Karya di Jakarta

Kamis, 08 Feb 2018 16:15 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Seniman Adam de Boer dan Jumaldi Alfi Pajang Karya di Jakarta Seniman Adam de Boer dan Jumaldi Alfi Pajang Karya di Jakarta Foto: Istimewa
Jakarta - Terinspirasi dari kata-kata Benedict Anderson, seniman asal Amerika Serikat dan Jumaldi Alfi menggelar pameran kolektif di Jakarta. Pameran seni 'Legacies: Real and Imagined' dibuka pada 6 Februari lalu di lobi Gedung WTC 2, Jakarta.

Kedua seniman yang lahir pada dekade yang sama namun terpisah samudera, sama-sama terinspirasi dari perkataan Benedict Anderson. De Boer lahir dan tumbuh di California Selatan dan merupakan keturunan Belanda-Indonesia-Amerika Serikat.

Sedangkan Alfi lahir di Sumatera Barat yang sebagian besar waktunya dihabiskan di Jawa khususnya Yogyakarta.



"Setiap karya Alfi menampilkan sifat identitas, memunculkan pertanyaan mengenai bagaimana seseorang mempertaruhkan klaim identitas atau menjadi bagian dari komunitas kontemporer (seni) atau tradisi sejarah (seni)," tulis keterangan yang diterima.

Selama bertahun-tahun, Alfi telah menunjukkan obsesinya terhadap sejarah modernisasi dan warisan yang ditinggalkan oleh para seniman. Sedangkan de Boer ada dalam investigasi tradisi kerajinan dan aestetik Indonesia.



Lukisan-lukisan yang ditampilkan dalam eksibisi kali ini melakukan pembacaan ulang tentang artinya di era 'seni global'. Serta mengklaim identitas yang lalu menjadi warisan, nyata dan dibayangkan.

Pameran yang dikuratori oleh ISA Art Advisory berlangsung pada 6 Februari sampai 9 Maret 2018.



(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed