DetikHot

art

Paula Modersohn-Becker, Pelukis Perempuan Pertama yang Melukis Dirinya Bugil

Kamis, 08 Feb 2018 11:15 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Paula Modersohn-Becker, Pelukis Perempuan Pertama yang Melukis Dirinya Bugil Paula Modersohn-Becker, Pelukis Perempuan Pertama yang Melukis Dirinya Bugil Foto: Google Doodle
Jakarta - Google Doodle hari ini merayakan ulang tahun yang ke-142 dari pelukis asal Jerman Paula Modersohn-Becker. Dia dikenal sebagai pelukis perempuan pertama yang berani melukis dirinya tanpa busana atau bugil.

Bergaya ekspresionisme, Paula kerap menjadikan dirinya sebagai obyek lukisan. Seperti refleksi dan tengah mengaca di depan cermin, Paula berani menggambarkan dirinya.

Dalam lukisan berjudul 'Self-Potrait on Her Sixth Wedding Anniversary', dia melukis dirinya sendiri tanpa busana saat sedang mengandung. Bagian dada dirinya tidak memakai sehelai benang apapun dan perut hamilnya sengaja diperlihatkan.



Lukisan tersebut merayakan pernikahannya yang ke-6 tahun. Lukisan lainnya lagi berjudul 'Self-Potrait with an Amber Necklace' yang juga dibuat pada 1906.

Di masa tersebut, Paula berada di puncak kejayaan karier. Lantaran beberapa seri lukisan tersebut booming, membuat namanya kian naik di hadapan publik.

Paula Modersohn-BeckerPaula Modersohn-Becker Foto: Wikimedia Commons


Lewat karya-karya tanpa busana, dia memiliki pesan mengenai kesetaraan antara pelukis perempuan dan pria. Selama ini perempuan yang dijadikan obyek lukisan selalu dianggap sebagai obyek seksual dan bisa dibeli dengan uang.

Karya-karyanya pun kerap menyimbolkan antara seorang ibu bumi, spiritualitas, dan kontroversi mengenai seksualitas perempuan. Lukisannya pun membawa pengaruh terhadap pelukis-pelukis muda dan masih dikenang.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed